TikTok Shop Resmi Gandeng Tokopedia, Ini Jawaban Mendag

TikTok Shop Resmi Gandeng Tokopedia, Ini Jawaban Mendag

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kesepakatan kerja sama TikTok-Tokopedia itu diyakini demi menghidupkan kembali "TikTok Shop" di Indonesia, setelah dilarang dan disetop operasinya di Indonesia pada 4 Oktober.

Sebelumnya, TikTok Shop ditutup karena bertentangan dengan Permendag Nomor 31 Tahun 2023 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Kabar ini mengonfirmasi berbagai informasi sebelumnya yang menyebut TikTok Shop akan buka kembali di RI dengan menggandeng pemain lokal.

TikTok telah sepakat untuk bergabung dengan Tokopedia yang merupakan unit usaha e-commerce milik GoTo. Langkah ini demi mengikuti regulasi yang berlaku di Indonesia.

BACA JUGA:

TikTok dan GoTo dijadwalkan akan mengumumkan kerja sama ini pada pekan depan, menurut sumber dalam, dilansir dari YahooFinance, Selasa 5 Desember 2023.

Menanggapi kabar ini, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan belum ada izin baru yang masuk dari pihak ByteDance terkait kerja sama dengan GoTo.

"Izin baru, belum. Izin baru (mungkin) nggak, tapi kerjasama sama yang lokal," ujar dia saat ditemui di acara Peluncuran Buku Putih Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia 2030, di Jakarta, Rabu 6 Desember 2023.

Ketika ditanya apakah diperbolehkan TikTok investasi di Tokopedia, ia menjawab boleh. Kecuali TikTok ingin membuka usaha baru di Indonesia, ada izin yang harus diurus.

"Kan kalau kerjasama boleh, kerjasama buka boleh. Kecuali usaha baru, kalau kerjasama boleh aja," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, ia mengatakan bahwa pemerintah tidak melarang TikTok Shop beroperasi di RI. Namun, mekanismenya harus diatur dan ditata.

Selentingan upaya TikTok menghidupkan kembali bisnis e-commerce TikTok Shop di Tanah Air itu sudah terdengar sejak akhir Oktober lalu.

BACA JUGA:

TikTok dilaporkan melibatkan pejabat pemerintah dan perusahaan media sosial lainnya untuk mencari cara memulai kembali operasi TikTok Shop di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: