Kasus Covid-19 di Singapura Semakin Melonjak Tinggi Akibat Varian EG5

Kasus Covid-19 di Singapura Semakin Melonjak Tinggi Akibat Varian EG5

Berikut beberapa tanda-tanda Covid-19 subvarian EG.5. di bawah ini:

1. Sakit Tenggorokan

Infeksi virus corona penyebab Covid-19 akan membuat seseorang merasa nyeri di bagian tenggorokan. Selain nyeri, sensasi panas juga muncul di tenggorokan. Dalam beberapa kasus, pasien juga bisa kesulitan untuk menelan.

2. Batuk

Sejak awal, batuk memang jadi salah satu gejala Covid-19 paling umum. Batuk terjadi saat sistem kekebalan tubuh berusaha mengeluarkan patogen yang masuk ke dalam.

3. Pilek

Sama seperti penyakit pernapasan atas lainnya, orang yang terinfeksi EG.5 juga umumnya akan mengalami pilek. Hidung akan memproduksi cairan berlebih yang bisa membuatnya tersumbat.

4. Demam

Setiap infeksi akan memicu demam. Demam jadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh tengah berperang melawan virus yang menyerang.

5. Kelelahan

Tubuh akan mengeluarkan energi lebih besar saat sistem imun bekerja melawan virus yang masuk. Akibatnya, tubuh jadi merasa mudah lelah. Selain daftar gejala Covid-19 di atas, dalam beberapa kasus infeksi subvarian EG.5 juga bisa memicu gejala yang lebih parah seperti sesak napas.

Kemenkes Singapura Imbau Ikuti Perkembangan Vaksin Covid-19. Kementerian Kesehatan Singapura menyarankan masyarakat untuk selalu mengikuti perkembangan vaksinasi Covid-19.

Ia merekomendasikan dosis tambahan sekitar satu tahun setelah dosis vaksin terakhir untuk mereka yang berusia 60 tahun ke atas, orang yang rentan secara medis, serta penghuni fasilitas perawatan lansia.

“Di luar kelompok ini, semua individu berusia enam bulan ke atas juga didorong untuk menerima dosis tambahan, terutama bagi petugas kesehatan dan anggota rumah tangga/pengasuh individu yang rentan secara medis,” tambahnya. Ia menjelaskan, vaksinasi Covid-19 bisa didapatkan di Pusat Pengujian dan Vaksinasi Bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: