Hoaks atau Fakta? Terowongan Hamas Ditemukan di Israel

Hoaks atau Fakta? Terowongan Hamas Ditemukan di Israel

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Belakangan ini beredar video kelompok pejuang Palestina, Hamas membangun terowongan di tempat-tempat umum di Israel.

Dalam video tersebut ditampakan seorang pria yang menyusuri terowongan panjang di bawah tanah.

Pun media-media Israel mengabarkan soal terowongan tersebut.

BACA JUGA:Makin Menggila! Netanyahu Hentikan Perundingan Damai dengan Palestina, Israel Kembali Bombardir Gaza

Pejuang Palestina, Hamas memang kerap dikabarkan memiliki markas sebuah terowongan. Namun hingga kini, belum diketahui dimana letak markas Hamas tersebut.

Namun setelah ditelusuri terowongan yang disebut ciptaan Hamas itu adalah video dan kabar menyesatkan alias hoaks.

Terowongan yang ditampilkan Israel itu  sama persis juga pernah diunggah di YouTube oleh “TheSecretVault” sejak 4 bulan lalu.

BACA JUGA:Beda Memperlakukan Tahanan Antara Israel dan Hamas

Video itu juga memiliki keterangan yang sama bahwa itu merupakan bunker bawah tanah rahasia yang dibangun untuk perang dunia ke-2 di UK.

Adapun kabar terowongan Hamas yang ternyata hoaks itu ramai dibicarakan ketika diunggah akun Akun Twitter atau X @MenNeedRights (Ella Jefferson).

Akun @MenNeedRights  mengunggah video dari TikTok @urbexkev yang menunjukkan sistem terowongan yang panjang.

Pengguna Twitter tersebut menklaim terowongan itu dibangun oleh Hamas di bawah tempat-tempat umum di Israel.

Cuitan dan video yang diunggah pada 13 November tersebut telah disukai 21 orang. Bahkan hingga dikutip dan dibagikan ulang oleh 19 orang, serta telah dilihat hampir 8,000 kali.

Setelah dilakukan penelusuran, konten tersebut menyesatkan. Akun TikTok yang namanya tertera di video, yaitu @urbexkev, menandai video tersebut dengan lokasi United Kingdom.

Selain itu, pada kolom keterangan, @urbexkev menulis: “#ww2 #war #bunker”. Tidak ditemukan keterangan mengenai Hamas dan Israel pada unggahan yang asli di TikTok.

Berikut narasi yang diunggah akun @MenNeedRights (Ella Jefferson)

Bagian dari cuplikan video 7 menit. Sistem terowongan Hamas. Kebanyakan orang akan mudah tersesat. Mereka menempatkannya di bawah sekolah, rumah sakit, tempat penitipan anak, rumah pemukiman dan di manapun mereka yang dikelilingi oleh orang-orang yang tidak bersalah. Israel perlu menghancurkan semua terowongan ini. BEBASKAN PARA SANDERA”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: