Tips Ampuh Hilangkan Rasa Pahit Pada Pare yang Akan Dimasak, Simak Ulasannya di Sini!

Tips Ampuh Hilangkan Rasa Pahit Pada Pare yang Akan Dimasak, Simak Ulasannya di Sini!

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pare merupakan tanaman sayur yang tumbuh merambat, yang memiliki buah berkerut dan berbintil, dan memiliki rasa yang pahit. 

Dilansir dari berbagai sumber pare dapat menjadi sumber vitamin C, yang membantu melawan penyakit, mendukung penyembuhan luka, dan sangat penting bagi perkembangan tubuh.

Banyaknya nutrisi yang terkandung pada pare membuat sejumlah orang suka mengonsumsinya.

Bahkan bagi beberapa orang, pare termasuk sayur favorit yang bisa dimasak jadi beragam aneka menu. Misalnya aneka tumisan, lalapan, atau bahkan untuk siomay.

BACA JUGA:

Namun, dibalik rasa pahitnya, pare menyimpan berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat termasuk berbagai vitamin seperti A, C, E, B1, B2, B3, dan B9, berbagai mineral seperti kalium, kalsium, zinc, magnesium, fosfor, dan zat besi, kandungan senyawa antioksidan seperti fenol, dan flavonoid, serta masih banyak nutrisi lainnya.

Akan tetapi, rasanya yang pahit mungkin membuat orang enggan memakannya. Namun, tidak perlu khawatir karena ada banyak beragam cara untuk mengolah atau pun memasak pare agar tidak pahit. Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

Rendam atau Uleni Dengan Garam

Merendam pare dengan garam dapat menetralisir rasa pahit dari pare. Atau Anda juga bisa menguleninya dengan campuran garam dan diremas-remas hingga air pada pare hilang atau tekstur pare makin lemas.

Buang Bijinya

Selanjutnya, kamu perlu membuang biji-biji pare sebagai cara memasak sayur pare agar tidak pahit. Biji ini memiliki rasa yang cukup pahit sehingga perlu dibuang supaya pare lebih enak saat dikonsumsi.

Mengupas Bagian Kulitnya

Tips selanjutnya supaya pare tidak terasa pahit adalah dengan mengupas bagian kulitnya sampai halus. Mengupas bagian kulit ini dinilai bisa mengurangi rasa pahit pare secara signifikan. Meskipun demikian, bagian kulit yang telah dikupas tidak perlu dibuang, karena dapat dimanfaatkan untuk menambah rasa unik dan gurih dalam adonan roti paratha.

Cuci Pare Dengan Air Bersih

Tips pertama untuk mengurangi rasa pahit yang mudah dilakukan dan sederhana, yakni dengan mencuci pare menggunakan air bersih. Sebelum mencuci pare, Anda disarankan untuk memotong-motong pare terlebih dahulu, supaya bagian dalam buahnya juga terendam air. Setelah dipotong, masukkan ke dalam wadah atau mangkuk, lalu cuci dengan air bersih.

BACA JUGA:

Bersihkan Bagian Tengah Pare

Tips memasak pare agar tidak pahit yang pertama adalah dengan membuang bagian tengah dari pare. Bagian tengah dari pare yang berwarna putih ini sebaiknya benar-benar dikeruk hingga bersih agar bisa mengurangi cita rasa pahit khas pare.

Menuang Dengan Campuran Gula dan Cuka

Selain menaburkan dengan gula, Anda juga bisa menuang campuran gula dan cuka pada pare. Anda perlu menyiapkan gula dan cuka dengan perbandingan yang sama, kemudian rebus keduanya sampai menyatu. Jika sudah membentuk campuran, tuang campuran gula dan cuka itu ke pare untuk mengurangi rasa pahitnya.

Direndam Dalam Air Perasan Asam Jawa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: