Ampuh Jadi Obat Alami, Inilah Manfaat Madu Klanceng yang Bagus Untuk Kesehatan dan Penyembuh Lukaan

Ampuh Jadi Obat Alami, Inilah Manfaat Madu Klanceng yang Bagus Untuk Kesehatan dan Penyembuh Lukaan

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Di masa sekarang, madu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Diproduksi dari lebah, madu dikenal dengan rasanya yang manis bahkan sering dijadikan pemanis alami. Namun ada beberapa jenis madu yang mempunyai rasa asam dan bahkan pahit.

Jenis madu satu ini dikenal dengan nama madu klanceng. Berbeda dengan jenis madu pada umumnya, madu klanceng diproduksi oleh lebah tidak menyengat.

Ciri khas dari madu klanceng adalah disimpan secara alami di dalam pot (cerumen), sehingga memberikan khasiat yang bermanfaat, terutama dalam proses penyembuhan luka.

Selain untuk penyembuhan luka, manfaat madu klanceng juga bisa menangkal radikal bebas. Sifat antimikroba yang ada di dalam madu klanceng juga dapat menangkal tubuh dari kontaminasi bakteri sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan.

BACA JUGA:

Kandungan anti inflamasi dalam madu klanceng juga dapat melindung tubuh dari racun. Kemudian, madu klanceng juga dapat dikadikan pelembap alami untuk kulit.

Madu klanceng dikenal kaya akan vitamin, enzim, asam amino dan mineral. Tak heran, kalau sejak lama manfaat madu klanceng sangat banyak dan sering dimanfaatkan untuk proses penyembuhan.

Manfaat Madu Klanceng untuk Kesehatan

Sudah bukan rahasia lagi kalau madu klanceng mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Di beberapa negara, madu klanceng yang dicampurkan dengan minuman hangat dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Campuran dari madu klanceng dengan bahan-bahan alami juga sering digunakan untuk mengobati pilek, batuk dan penyakit bronkitis. Berikut ini beberapa manfaat dari madu klanceng yang harus kalian ketahui:

1. Anti Kanker

Beberapa bukti ilmiah menunjukan bahwa madu klanceng merupakan agen antikanker yang sangat baik. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa sifat antioksidan yang ada di dalam madu dapat mencegah pembentuan sel kanker dalam tubuh.

BACA JUGA:

Madu mengandung senyawa polifenol dengan efek antikanker. Polifenol, yang juga dikenal dengan sifat antioksidannya, sangat membantu dalam mencegah perkembangbiakan sel kanker di dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: