Doa Sholat Isyroq Lengkap Dengan Bacaan Arab, Latin, dan Artinya Disertai Tata Cara Melaksanakannya

Doa Sholat Isyroq Lengkap Dengan Bacaan Arab, Latin, dan Artinya Disertai Tata Cara Melaksanakannya

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sholat syuruq atau yang juga dikenal dengan sebutan sholat isyraq. Secara bahasa, isyroq memiliki arti terbit yang merujuk pada kondisi matahari terbit di pagi hari. 

Adapun dalam fiqih, sholat isyroq merupakan salah satu sholat sunnah yang dilaksanakan saat matahari terbit. Sholat Isyraq juga dikenal dengan sholat Dhahwah Sughra. Adapun sholat Dhuha dikenal sebagai sholat Dhahwah Kubra.

Disebutkan dalam HR. Al-Tirmidzi, dihassankan oleh Al-Albani dalam al-Misykah, no. 971, bahwa keutamaan dari shalat Isyraq (Syuruq) seperti pahala orang yang berhaji atau umrah yang sempurna.

 مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِي جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ 

Artinya: "Siapa yang shalat Shubuh dengan berjamaah, lalu duduk berdzikir kepada Allah sehingga matahari terbit, kemudian shalat dua rakaat,maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala haji dan umrah, sempurna sempurna sempurna."  (HR. Al-Tirmidzi, dihassankan oleh Al-Albani dalam al-Misykah, no. 971)

BACA JUGA: 

Untuk waktu sholat isyroq dimulai setelah matahari terbit dan telah naik satu tombak (tujuh hasta atau 2,5 meter) sebagaimana awal waktu shalat Dhuha. Waktu sholat isyroq berakhir hingga jelasnya waktu siang.

Nah, berikut tata cara pelaksanaan sholat isyroq serta bacaan niat dan doa yang dipanjatkan. Simak ulasannya dibawah ini!

1. Bacaan Niat Sholat Isyroq

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الإِشْرَاقِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى 

Ushallî sunnatal isyrâq rak‘ataini lillâhi ta‘âlâ. 

Artinya, “Saya menyengaja shalat sunnah Isyraq dua rakaat karena Allah ta’ala.” 

2. Membaca Niat di dalam hati bersamaan dengan melakukan takbiratul Ihram, dan seterusnya. 

3. Membaca surat Al fatihah kemudian dilanjutkan membaca surat ad-Dhuha pada rakaat pertama dan melaksanakan sholat sebagaimana diajarkan 

BACA JUGA:

4. Setelah al-Fatihah pada rakaat kedua kemudian membaca surat al-Insyirah dan diteruskan sampai salam 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: