Bitcoin Halving 2024 Segera Terjadi, Ini Pengaruh Terhadap Investor dan Penambang

Bitcoin Halving 2024 Segera Terjadi, Ini Pengaruh Terhadap Investor dan Penambang

BACA JUGA:

Dampak Bitcoin Halving pada Penambang

Para penambang Bitcoin menunggu momentum keuntungan menjelang ‘halving’ Bitcoin, sebuah peristiwa di mana hadiah untuk produksi token dikurangi setengah. Halving berikutnya dijadwalkan pada bulan April 2024. Per November ini dari total pasokan maksimal Bitcoin sebanyak 21 juta, sebanyak 19 jutanya sudah ditambang.

Analis di perusahaan broker BTIG yang mengkaji 13 penambang Bitcoin terbesar di Amerika Serikat (AS) Gregory Lewis mengatakan, “Banyak urgensi bagi penambang untuk memasang rig sebelum adanya halving,”

Untuk melakukan penambangan, terdapat hashrate bitcoin yang merupakan ukuran dari kekuatan komputasi untuk menambang sebuah koin. Adapun hashrate ini telah mencapai all-time high (titik puncak tertinggi sepanjang masa) naik menjadi 547,79 Ehash/detik pada 19 November lalu. Hal ini membuat penambang harus menggunakan lebih banyak daya dan kecepatan untuk memecahkan teka-teki matematika kompleks untuk bisa menambang Bitcoin.

Sebagai gambaran, di tahun 2023 ini rata-rata pendapatan 30 hari yang diperoleh oleh para penambang telah meningkat secara stabil dan mencapai puncak 18 bulan pada $32,46 juta pada 11 November, dilansir dari data blockchain.com. Namun, penambangan yang merupakan proses yang membutuhkan energi besar masih belum seprofitabel pada masa kejayaannya pada 2021.

Ukuran penghasilan penambang dari penggunaan 1 petahash per detik kekuatan komputasi dalam sehari telah meningkat menjadi lebih dari $81 dari $70 pada awal November tetapi masih jauh di bawah puncak $127 pada awal Mei, menurut platform data penambangan Hashrate Index.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: