3 Nama Bakal Calon Pj Gubernur Lampung, 2 dari Luar Daerah, Siapa Saja?

3 Nama Bakal Calon Pj Gubernur Lampung, 2 dari Luar Daerah, Siapa Saja?

LAMPUNG, RADARPENA.CO.ID - Diketahui, masa jabatan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi akan berakhir pada Akhir tahun 2023 mendatang.

DPRD Provinsi Lampung sudah mengajukan tiga nama bakal calon yang menjabat sebagai Pj Gubernur Lampung.

Dilihat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2023 tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati, dan Penjabat Wali Kota, syarat untuk menjadi Pj Gubernur harus ASN yang menduduki jabatan pimpinan tinggi madya atau Eselon I.

DPRD Lampung berencana mengusulkan dua aparatur sipil negara (ASN) Eselon Satu dari luar daerah sebagai calon Pj Gubernur Lampung.

Langkah itu dilakukan oleh DPRD, karena saat ini hanya Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Ir. Fahrizal Darminto yang memenuhi syarat tersebut.

BACA JUGA:Cegah Penyebaran Cacar Monyet, Ini yang Dilakukan Dinkes Provinsi Lampung

BACA JUGA:Resep Hari ini: Olahan Kue Tat Khas Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung

Adapun ketiga nama yang diusulkan DPRD Provinsi Lampung yakni Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, Sekretaris Jenderal DPD RI Rahman Hadi serta Staf Ahli Bidang Hukum Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Samsudin.

Ketua DPRD Provinsi Lampung, Mingrum Gumay membenarkan adanya usulan nama-nama dari sejumlah fraksi untuk menduduki jabatan sebagai Pj Gubernur Lampung menggantikan Arinal yang akan berakhir pada Desember mendatang.

Walau begitu, dia mengaku masih menunggu surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengenai usulan nama Pj Gubernur Lampung tersebut.

"Iya, tapi harus ada surat dari kemendagri tentang itu kan belum turun, kami masih menunggu surat itu dulu. Saat ini kami masih musyawarah mufakat sambil menunggu surat dari kemendagri," katanya, Selasa (21/11/2023).

Sementara itu, anggota DPRD dari fraksi PDIP, Aprilianti mengaku pihaknya telah mengusulkan nama tiga calon Pj Gubernur Lampung.

BACA JUGA: Wagub Provinsi Lampung Ucapkan Terimakasih di Acara Pelepasannya

BACA JUGA:Bulan November Hujan, Ini Himbauan BMKG untuk Provinsi Lampung!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: