8 Manfaat Jeruk Nipis yang Jarang Diketahui, Simak Yuk!

8 Manfaat Jeruk Nipis yang Jarang Diketahui, Simak Yuk!

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Jeruk nipis memiliki bentuk yang bulat. Jika dibandingkan dengan Jeruk lemon, bentuk Jeruk nipis terbilang lebih bulat. Sedangkan Jeruk lemon sedikit oval dan ujungnya mencuat.

Jeruk nipis memiliki warna hijau terang yang cantik. Meskipun sudah tidak asing lagi, tetapi banyak masyarakat yang sulit membedakan Jeruk nipis dan jeruk lemon. 

Selain itu, banyak orang yang tidak tau manfaat jeruk nipis yang sangat beragam. Secara umum, masyarakat mengira jeruk nipis hanya mengandung vitamin C yang besar, yaitu 27,00 mg dalam 100 gram buahnya.

Berkat nutrisi yang terdapat di dalamnya, membuat buah yang kecil dan memiliki kulit berwarna hijau ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat jeruk nipis untuk kesehatan:

BACA JUGA:

Menyeimbangkan pH

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah untuk menyeimbangkan pH. Keseimbangan antara asam dan basa yang ada di dalam tubuh. Asam dan basa itu disebut dengan pH. pH adalah hal yang penting di dalam tubuh, karena merupakan sebuah faktor penentu.

Faktor yang menentukan apakah tubuh sedang sehat atau sedang sakit. Ketika kandungan pH tidak seimbang, maka tubuh akan menjadi sakit. 

Meredakan Batuk

Manfaat pertama dari jeruk nipis adalah meredakan batuk. Jeruk nipis mengandung zat herbal alami yang mampu mengurangi peradangan dan batuk.

Untuk manfaat satu ini, perasan jeruk nipis dapat dicampur dengan gula batu dan diaduk hingga merata, kemudian minum sekali sehari sampai batuk mereda.

Melawan Infeksi 

Sebuah penelitian dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine mengungkapkan bahwa mengonsumsi jeruk nipis dapat melindungi tubuh dari berbagai mikroba, virus, dan bakteri termasuk Helicobacter pylori (H. pylori).

Bakteri H. pylori dapat masuk ke dalam tubuh Anda dan hidup di saluran pencernaan. Setelah bertahun-tahun, bakteri tersebut dapat menyebabkan luka pada lapisan perut atau bagian atas usus kecil Anda. Jeruk nipis dapat melawan infeksi akibat bakteri tersebut.

Mencegah Diabetes

Bukan hanya membatasi asupan makanan dan minuman yang manis, kamu bisa mencegah diabetes dengan mengonsumsi jeruk nipis. Kandungan serat dalam buah ini mampu menurunkan kadar gula darah dengan mengatur penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain memperlancar pencernaan, kandungan asam sitrat pada jeruk ini juga bisa meningkatkan laju metabolisme tubuh. Hal ini berdampak pada pembakaran kalori yang lebih banyak.

Metabolisme tubuh yang optimal juga bisa mengurangi penyimpanan di lemak. Itulah mengapa menurunkan berat badan menjadi manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang sudah populer.

Mencegah Kanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: