Daftar Produk Palestina yang Beredar di Indonesia, Ada yang Gratis Bea Cukai!

Daftar Produk Palestina yang Beredar di Indonesia, Ada yang Gratis Bea Cukai!

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Genosida yang dilakukan Israel terhadap Palestina menuai banyak kritikan dari berbagai negara hingga melahirkan gerakan boikot terhadap produk-produk buatan Israel maupun yang terafiliasi.

Sebaliknya, produk-produk buatan Palestina malah terus diburu konsumen sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan.

Bahkan pemerintah Indonesia sendiri melalui Kementerian Perdagangan telah menghapus tarif bea masuk produk kurma dan minyak zaitun asal Palestina sejak tahun 2019 lalu.

Hal itu dilakukan sebagai komitmen Indonesia mendukung kebebasan Palestina. Lalu, produk Palestina yang banyak beredar di Indonesia yaitu kurma segar atau kurma yang dikeringkan, minyak zaitun, sekrup, baut, dan mur.

BACA JUGA:

Kurma dan zaitun merupakan produk yang belum banyak diproduksi di Indonesia sehingga pemerintah menerapkan penghapusan tarif bea masuk. 

Serta, menjadi hal penting bagi peningkatan hubungan perdagangan bilateral Indonesia-Palestina. Lalu, apa saja sih produk makanan dari Palestina yang banyak beredar di Indonesia? Simak ulasannya dibawah ini.

  • Kurma Medjool

Kurma Medjool merupakan salah satu produk kurma andalan Palestina. Kurma jenis ini dikenal dengan ukurannya yang jumbo, memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang lembut. 

  • Kacang Almonds Asap

Produk ini dikenal dengan brand Smoked Almonds Zyatunn from Palestine. Disajikan menggunakan kemasan mewah dan dipanggang dengan cara yang unik, yaitu mengikuti tradisi di negara tersebut.

  • Minyak Zaitun

Selain kurma, pemerintah juga membebaskan bea masuk untuk produk minyak zaitun asal Palestina. Alasannya, kurma dan zaitun merupakan produk yang belum banyak diproduksi di Indonesia sehingga pemerintah menerapkan penghapusan tarif bea masuk.

BACA JUGA:

Badan Pusat Statistik (BPS)  mencatat, produk impor utama Indonesia dari Palestina terdiri atas kurma segar atau dikeringkan, minyak zaitun,  serta sekrup, baut, mur. Adapun, total nilai perdagangan Indonesia-Palestina pada 2018 mencapai USD 3,5 juta, terdiri dari ekspor Indonesia sebesar USD 2,8 juta atau naik 34 persen dibanding 2017 ), dan impor sebesar USD 727 ribu atau naik 113 persen.

  • Gandum Hijau

Terdapat dua produk gandum hijau asal Palestina yang cukup terkenal, yaitu Al Durra dengan Green Freekeh dan Yaffa dengan Freekeh Palestinian. Freekeh adalah makanan Timur Tengah yang terbuat dari gandum hijau panggang. Makanan ini mengandung serat yang tinggi sehingga lebih sehat.

Indonesia pun memberikan bantuan berupa pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan tujuan mempersiapkan negara Palestina yang merdeka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: