Wabah Kutu Busuk Kini Menyerang Negara-negara Maju, Indonesia Diminta Waspada!

 Wabah Kutu Busuk Kini Menyerang Negara-negara Maju, Indonesia Diminta Waspada!

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Dunia saat ini tengah dihebohkan dengan mewabahnya kutu busuk yang menyerang negara-negara baik maju maupun berkembang. Beberapa negara Asia seperti Korea Selatan, Singapura dan negara-negara Eropa antara lain Inggris dan Perancis sedang direpotkan oleh serangan Kutu Busuk

Indonesia yang wilayahnya dekat  dengan Singapura diminta, lebih waspada kemungkinan tertular dan menyebar ke tempat-tempat terutama wilayah yang sangat dekat dengan Kota Singapura.

Kutu Busuk atau kepinding atau disebut juga Tumbila adalah serangga parasit dari keluarga cimicidae. Kutu Busuk dikenal sebagai spesies yang meminum darah manusia dan hewan berdarah panas lainnya. Kutu busuk senang tinggal dirumah manusia, khususnya pada tempat tidur.

Manusia awal mula mengenal Kutu busuk ini pada tahun 1950, dan sempat mengalami lonjakan pada tahun 1990 an. Hingga kini wabah itu masih kerap terdengar bahkan sampai menyerang negara-negara maju seperti Perancis, Inggris, Korea Selatan dan Singapura.

Ada yang mensinyalir , kutu busuk bisa bangkit kembali, sejak dinyatakan menghilang di era tahun 50-an adalah karena perjalannan  yang intens dilakukan dan kutu busuk kini kondisinya semakin resisten terhadap pestisida.

BACA JUGA:

Alat Pembasmi

Pestisida atau pembasmi hama yang banyak dipergunakan untuk  memberantas hama seperti kutu busuk, kecoa, dan lainnya, secara berlebihan, justru membuat hama-hama ini semakin kuat dan resisten kepada obat-obat kimia seperti itu. 

Kutu busuk ini pada dasarnya sangat mengganggu manusia, karena bisa menghisap darah manusia, dan kemungkinan dapat  mengganggu kesehatan jika ada yang tergigit atau darah terhisap oleh kutu busuk ini. Gigitan kutu busuk dapat menimbulkan bentol dan terasa gatal serta panas pada korbannya.

Orang yang tergigit kutu busuk dapat terganggu dan bisa merasa tidak nyaman jika berbaring maupun duduk yang ada kutu busuknya.

Cara yang cukup efektif untuk  menghindari terkena gigitan kutu busuk adalah, segera temukan tempat persembunyian kutu busuk, yang biasanya di lapisan kasur, atau di sofa, dan lipatan-lipatan tirai. Langkah lainnya adalah dengan segera menjemur kasus, sofa atau tirai, bantal yang kemungkinan menjadi tempat bersarangnya kutu busuk. Upaya lain adalah dengan menaburkan silika Gel. Silika Gel dapat dipergunakan untuk menghilangkann kutu busuk.

Cara lain dengan menggunakan penyedot debu untuk membuang kutu busuk yang kemungkinan menempel atau bersarang di sofa, di lipatan-lipatan kasur.  Bisa juga dengan menggunakan minyak tanah dan kapur barus.

Habitat Kutu busuk

Habitat hidupnya sangat tersembunyi, dan sering menetap dicelah-celah kayu, tempat tidur, lipatan, karpet, laci, kursi/sofa, lemari, gorden hampir semua ruangan dapat merupakan tempat persembunyian  kutu busuk dan sulit sekali untuk  menemukkannya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: