Profil Band Coldplay Serta Perjalanan Karir Hingga Sukses Menggelar Konser di Jakarta

Profil Band Coldplay Serta Perjalanan Karir Hingga Sukses Menggelar Konser di Jakarta

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Coldplay merupakan grup musik rock Inggris yang dibentuk tahun 1997. Saat ini beranggotakan Chris Martin sebagai vokalis, Jonny Buckland sebagai gitaris, Guy Berryman sebagai bassis, Will Champion sebagai drumer dan perkusionis, dan Phil Harvey sebagai pengarah kreatif. 

Mereka bertemu saat menjalani kuliah di University College London (UCL) dan mulai bermusik sejak 1997 hingga 1998, yang awalnya bernama Starfish. 

Dilansir dari Wikipedia, Berikut Biodata singkat Band Coldplay

Asal: London, Inggris

Genre: Rock alternatifpop rockpost-Britpoppop

Personel: Chris Martin, Jonny Buckland, Guy Berryman, Will Champion

Tahun aktif: 1997 - sekarang

Coldplay mulai dikenal publik sejak single mereka Yellow meledak di tahun 2000, diikuti oleh kesuksesan album perdana mereka PARACHUTES. Album ini meraih Best Alternative Music Album pada Grammy Awards tahun 2002.

BACA JUGA:

Coldplay merupakan band yang peduli pada permasalahan sosial dan politik, seperti Oxfam's Make Trade Fair campaign dan Amnesty International.

Band ini juga tampil dalam berbagai acara kemanusiaan seperti Band Aid 20, Live 8 dan the Teenage Cancer Trust.

Personel band Coldplay beranggotakan Chris Martin sebagai vokalis utama, Jonny Buckland sebagai gitaris utama, Guy Berryman sebagai bassis, dan Will Champion sebagai drummer. 

Coldplay pertama debut setelah secara independen merilis sebuah extended play, Safety (1998). Lalu disusul dengan album studio perdana bertajuk Parachutes yang dirilis pada 10 Juli 2000. 

Album Parachutes memiliki beberapa singel hits yang melambungkan nama Coldplay sendiri di kancah musik Internasional yaitu "Shiver", "Yellow", "Trouble", dan "Don't Panic".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: