Ratusan Pengungsi Rohingya Kembali Mendarat di Kota Pidie Aceh, 10 Orang Kabur Diduga Perantara

Ratusan Pengungsi Rohingya Kembali Mendarat di Kota Pidie Aceh, 10 Orang Kabur Diduga Perantara

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Sekitar 200 pengungsi Rohingya, termasuk banyak perempuan dan anak-anak mendarat di Aceh, Selasa 14 November 2023 lalu, kata seorang pejabat setempat.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Lhokseumawe Andi Susanto mengatakan kelompok ini berjumlah 196 orang dan mendarat pada Selasa pagi di daerah terpencil di wilayah Pidie, Provinsi Aceh.

Namun kantor berita Associated Press menyebut jumlah mereka hanya sekitar 100 orang. Disampaikan juga beberapa pendatang baru itu segera melarikan diri ke daratan, menurut Marfian, juru bicara komunitas nelayan setempat.

“Sepuluh orang langsung lari ke perbukitan terdekat. Sepertinya mereka adalah perantara yang sengaja membawa pengungsi ke kawasan ini,” ujarnya.

BACA JUGA:

Pemerintah setempat melaporkan jumlah mereka yang melarikan diri lebih rendah, yakni tujuh.

Para pengungsi kini ditangani otoritas setempat dan warga. “Masyarakat setempat telah menyediakan makanan dan minuman untuk para pengungsi karena ini adalah kebiasaan mereka membantu warga Rohingya yang terlantar,” kata Marfian.

Gambar yang ditunjukkan kepada AFP memperlihatkan para pengungsi tampak lelah, termasuk perempuan yang menggendong bayi, menunggu bantuan di tepi pantai.

Lebih dari 2.000 warga Rohingya diyakini telah melakukan perjalanan berisiko ke negara-negara Asia Tenggara pada tahun 2022, terutama Indonesia dan Malaysia, menurut Badan Urusan Pengungsi PBB (UNHCR). Hampir 200 orang Rohingya tewas atau hilang tahun lalu ketika mencoba melakukan penyeberangan laut yang berbahaya, menurut perkiraan badan tersebut.

Pada bulan Maret, 184 pengungsi Rohingya tiba di Kota Peureulak di Aceh timur setelah diturunkan dari perahu dan diperintahkan berenang ke darat.

Pengungsi Rohingya di Indonesia

Menurut UNHCR pada 2016, jumlah warga Rohingya yang mengungsi ke Indonesia ada sekitar 897 orang. Setahun berikutnya jumlah tersebut meningkat menjadi 959 orang.

Pada periode 2019, jumlah pengungsi Rohingya sudah menurun menjadi 582 orang, seiring dengan proses transisi demokrasi Myanmar.

Namun jumlah tersebut semakin meningkat pada 2020 menjadi 921 orang seiring meningkatnya kekerasan di Myanmar yang berujung pada kudeta Myanmar pada 2021.

Pengungsi Rohingya di Indonesia banyak tersebar ke beberapa daerah. Kebanyakan dari mereka ada di Aceh dan Medan, namun ada juga yang sampai ke Makassar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: