Kamu Sering Kesemutan? Itu Tanda-Tanda Aliran Darah Tidak Lancar, Simak Cara Mengatasinya Disini

Kamu Sering Kesemutan? Itu Tanda-Tanda Aliran Darah Tidak Lancar, Simak Cara Mengatasinya Disini

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Aliran darah yang tidak lancar dapat menghambat sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan jantung, penyakit arteri koroner, dan serangan jantung.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengenali tanda-tanda aliran darah tidak lancar dan mencari cara untuk mengatasi masalah ini.

Berikut adalah beberapa tanda-tanda aliran darah yang tidak lancar :

1.  Tangan dan Kaki Terasa Dingin

Ketika aliran darah tidak lancar, tubuh cenderung memprioritaskan pasokan darah ke organ vital seperti jantung dan otak. Dengan demikian, darah dapat terbatas pada ekstremitas, menyebabkan suhu perifer rendah. Anda mungkin merasakan tangan atau kaki yang selalu dingin.

2.  Rasa Lelah dan Kelemahan

Ketika peredaran darah tidak lancar, jantung akan bekerja keras untuk memompa darah. Kondisi ini tentunya akan membuat tubuh jadi lebih mudah cepat lelah.

BACA JUGA:

Ditambah, dengan sel-sel tubuh yang tidak mendapatkan suplai darah memadai. Rasa lelah akan semakin bertambah parah. 

Jika Anda merasakan tubuh lelah padahal tidak sedang atau setelah beraktivitas, bisa jadi ini adalah tanda dari sirkulasi darah yang tidak lancar.

Kurangnya pasokan darah ke otot dan jaringan tubuh dapat menyebabkan rasa lelah dan kelemahan yang berlebihan. Ini terjadi karena sel tidak mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung fungsi tubuh yang optimal.

3.  Kulit pucat atau kebiruan

Jumlah darah di arteri yang tidak mencukupi ketika mencapai jaringan tubuh bisa menyebabkan kulit menjadi pucat atau kebiruan.

Biasanya, perubahan warna kulit ini terjadi di hidung, bibir, telinga, puting payudara, tangan, dan kaki. Jika aliran darah yang buruk disebabkan oleh darah bocor dari kapiler, area kulit mungkin akan tampak keunguan. 

BACA JUGA:

Aliran darah yang tidak lancar bisa membuat kulit terlihat pucat atau kebiruan. Warna kulit yang tidak normal ini disebabkan oleh kurangnya oksigen yang disuplai oleh darah.

4.  Pembengkakan Di Kaki dan Pergelangan Kaki

Aliran darah yang tidak lancar bisa menyebabkan cairan menumpuk di kaki dan pergelangan kaki. Hal ini dapat disebabkan oleh masalah pada sistem vena atau jantung.

5.  Nyeri Dada

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: