Kemenkes Berikan Imunisasi Hepatitis B Gratis pada Nakes

Kemenkes Berikan Imunisasi Hepatitis B Gratis pada Nakes

RADARPENA.CO.ID - Seperti yang diketahui Kemenkes telah lama memberi Imunisasi Hepatitis B  kepada para Tenaga Kesehatan (nakes) namun baru tahun ini mulai diberikan secara gratis.

Selain menyediakan vaksin gratis, Kementerian Kesehatan juga akan menyediakan sarana dan prasarana penunjang untuk mendukung imunisasi Hepatitis. 

Dengan tujuan untuk melindungi tenaga kesehatan (nakes) dari penyakit Hepatitis B.

Pemberian imunisasi Hepatitis B pada para nakes  secara gratis itu juga sebagai bentuk upaya percepatan eliminasi Hepatitis pada 2030 mendatang.

Adapun data Kementerian Kesehatan menunjukkan, prevalensi Hepatitis B pada named dan nakes di Indonesia saat ini sebesar 4,7 persen. 

BACA JUGA:

Nakes sering kali menjadi kelompok yang paling berisiko terpapar virus Hepatitis B.

Sedangkan proporsi nakes yang memiliki antibodi anti-HBs+ sebesar 36,7 persen.

Untuk Pemberian Imunisasi Hepatitis B, diawali dengan skrining kesehatan berupa pemeriksaan tes cepat HBsAg dan tes cepat antiHBs.

Berikutnya, Imunisasi diberikan pada sasaran dengan hasil skrining pra imunisasi menunjukkan HBsAg non reaktif (Negatif) dan Anti-HBs Non Reaktif /Negatif.

Jenis vaksin yang digunakan adalah vaksin hepatitis B rekombinan single dose prefill injection device produksi dari PT. Biofarma, yang merupakan vaksin inaktivasi dan tidak menginfeksi.

BACA JUGA:

Oleh karena itu, pemberian vaksin jenis ini bersamaan dengan vaksin yang dimatikan lainnya dan tidak mengganggu respon imun terhadap vaksin-vaksin yang diberikan.

Imunisasi Hepatitis B diberikan sejumlah 3 dosis dengan interval minimal antara dosis pertama dan kedua adalah 1 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: