Mengenal Microgreens, Sayuran Hijau Mungil yang Kaya Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

Mengenal Microgreens, Sayuran Hijau Mungil yang Kaya Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Microgreens merupakan sayuran muda, herba, dan tanaman lain yang dipanen hanya dengan beberapa minggu setelah perkecambahan.

Mereka ditanam dari biji, sama seperti tanaman lain atau produk grosir, namun dipanen pada tahap yang jauh lebih awal.

Benih yang digunakan untuk tanaman microgreens sama dengan benih sayuran biasanya. Microgreens dipercaya mengandung sumber vitamin, mineral, betakaroten lebih tinggi daripada sayuran itu sendiri saat dewasanya. 

Bila dibandingkan dengan kecambah, sayuran ini lebih mirip dengan baby green karena hanya batang dan daunnya saja yang bisa dimakan. Namun, sayuran ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan bisa dijual sebelum dipanen. 

BACA JUGA:

Yang diperlukan dalam membuat sayuran microgreens ini adalah benih dan media tanam yang steril seperti rockwool atau bisa menggunakan tanah yang steril. Sayuran microgreens ini tidak memerlukan pupuk/nutrisi tambahan.

Sama dengan sayuran lainnya, microgreens tentu menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan dan kandungan nutrisi di dalamnya. Simak ulasan artikel dibawah ini untuk mengetahui manfaat microgreens.

  • Meringankan Beban Kerja Ginjal yang Rusak

Temuan ini dilaporkan di jurnal Nutrients. Pada studi tersebut sekelompok ilmuwan menanam sawi putih dan selada dengan kandungan nutrisi yang tinggi, tetapi rendah kalium. Menurut peneliti jenis sayuran hijau muda ini mungkin bisa bermanfaat bagi pasien penyakit ginjal. Hal ini mungkin dikarenakan kandungan kalium pada sayuran tersebut yang cukup rendah membuatnya bermanfaat pada ginjal. Namun, kamu tetap perlu berhati-hati karena ada beberapa sayuran yang memiliki kadar kalium yang tinggi.

  • Mnurunkan Resiko Penyakit Jantung

Manfaat microgreen salah satunya adalah dapat mencegah penyakit jantung. Sebab, microgreen memiliki kaya akan kandungan polifenol, sebuah zat yang dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. 

  • Menurunkan Risiko Jenis Penyakit Kanker 

Kandungan antioksidan seperti polifenol pada microgreen juga dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker.

  • Menurunkan Kolesterol Jahat (LDL)

Berkat kandungan antioksidan di dalamnya, microgreens diklaim dapat mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol jahat (LDL) di tubuh. Bagaimana tidak, sayuran yang dapat ditanam di mana saja ini merupakan sumber polifenol.

Polifenol merupakan kelas antioksidan yang bisa membantu menekan risiko penyakit jantung. Terlebih lagi beberapa sayuran ini, seperti kubis merah terbukti dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat yang menjadi faktor risiko penyakit jantung.

BACA JUGA:

Cara Menanam Microgreen

Untuk menanam microgreen di rumah, kamu hanya membutuhkan peralatan sederhana. Simak tahapannya dibawah ini: 

1. Menyiapkan media tanam 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: