Manfaat Jus Lemon untuk Asam Urat, Cek Selengkapnya di Sini!

Manfaat Jus Lemon untuk Asam Urat, Cek Selengkapnya di Sini!

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Asam urat, merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja maupun laki-laki dan perempuan.

Salah satu gejala yang umum dirasakan pada penderita asam urat adalah rasa nyeri pada salah satu bagian tubuh seperti jempol kaki.

Kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan sendi dan masalah ginjal. Parahnya lagi, asam urat dapat mengakibatkan penyakit lain seperti darah tinggi, kardiovaskular, dan obesitas. Saat kumat, rasa sakitnya bisa muncul tak mengenal waktu.

Namun, jangan khawatir dilansir dari Healthline, jus lemon dikatakan dapat membantu meningkatkan tingkat pH darah dan cairan tubuh lainnya.

Meskipun terdapat berbagai jenis pengobatan yang tersedia untuk mengelola asam urat, penggunaan bahan alami seperti jus lemon juga dapat memberikan manfaat yang signifikan.

BACA JUGA:

Jus lemon atau air lemon merupakan minuman segar yang terbuat dari perasan lemon yang ditambahkan ke dalam air.

Lemon kaya akan vitamin C, asam sitrat, antioksidan, dan senyawa lainnya yang memiliki potensi untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Para penderita penyakit asam urat yang telah meminum jus lemon ini tidak menunjukkan efek samping.

Namun perlu diingat, lemon tetap masih bersifat asam alami (sitrat) yang dapat menghilangkan enamel (lapisan luar) gigi. Mungkin juga dapat mengiritasi mulut, tenggorokan, dan perut (jika kondisimu tidak kuat).

Berikut ini, merupakan beberapa manfaat yang ada pada jus lemon untuk menurunkan asam urat. Simak ulasannya dibawah ini!

  • Mengurangi Kadar Asam Urat

Senyawa asam sitrat yang terdapat dalam air lemon dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Asam sitrat bekerja dengan menghambat enzim yang terlibat dalam produksi asam urat, sehingga mengurangi pembentukan kristal asam urat.

  • Efek Detoksifikasi

Jus lemon memiliki sifat detoksifikasi yang dapat membantu membersihkan tubuh dari racun dan limbah yang dapat memengaruhi tingkat asam urat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: