KCIC Perbaharui Jadwal Kereta Cepat, Kini Tersedia Jadwal Setiap 1 Jam Sekali

KCIC Perbaharui Jadwal Kereta Cepat, Kini Tersedia Jadwal Setiap 1 Jam Sekali

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Minat masyarkat untuk naik Kereta Cepat Whoosh yang tinggi membuat PT Kereta Cepat Indonesia China menambah kembali jadwal moda transportasi berbasis rel tersebut hingga 36 perjalanan. Kondisi ini membuat kereta tersebut beroperasi setiap 1 jam sekali.

General Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan bahwa penambahan jadwal sampai dengan 36 perjalanan itu setelah perusahaan melakukan evaluasi secara berkala.

Dalam evaluasinya, perusahaan melihat animo masyarakat yang ingin naik kereta dengan kecepatan 350 km/jam itu cukup tinggi.

"Kami melihat adanya kebutuhan yang harus dipenuhi sehingga kami akhirnya kembali menambah jadwal perjalanan," katanya.

BACA JUGA:

Dia menuturkan bahwa penambahan jadwal perjalanan kereta membuat rata-rata headway, yakni jarak antarjadwal Kereta Cepat Whoosh menjadi 51 menit pada akhir pekan.

Pada waktu sibuk akhir pekan, rata-rata headway moda transprtasi berbasis rel itu bisa mencapai 40 menit sekali.

Pada saat ini, rata-rata penumpang harian kereta cepat yang beroperasi di jalur Jakarta – Bandung itu mencapai sebanyak 18.000 orang.

Jumlah itu meningkat seiring pertambahan jumlah perjalanan kereta. Sebelumnya, Kereta Cepat Whoosh memiliki 28 – 32 perjalanan.

Dia menambahkan bahwa jadwal baru perjalanan Kereta Cepat Whoosh mulai berlaku sejak 9 November 2023. Genhype yang ingin melakukan perjalanan dengan moda transportasi berbasi rel tersebut pada akhir pekan ini dapat membeli melalui aplikasi Whoosh, website ticket.kcic.co.id, loket, dan ticket vending machine yang ada di stasiun.

Untuk diketahui, pada periode 17 Oktober - 7 November 2023, terdapat 234.000 penumpang Kereta Cepat Whoosh yang telah diberangkatkan oleh PT KCIC. Secara keseluruhan hingga 14 November 2023, jumlah tiket yang terjual dan dipesan telah mencapai 288.000 tiket.

Adapun, penumpang kereta cepat Whoosh saat ini mencapai rata-rata hingga 18.000 penumpang per hari dengan tingkat okupansi atau keterisian yang berkisar di antara 90 persen sampai 100 persen.

Kereta Cepat Whoosh adalah layanan Kereta Cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang mampu beroperasi dengan kecepatan hingga 350 km per jam.

Kereta Cepat Whoosh memiliki jalur sepanjang 142,3 km dengan 13 terowongan dan melayani 4 stasiun yaitu Halim, Jakarta; Karawang, Jawa Barat; Padalarang, Jawa Barat; dan Tegalluar, Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: