Begini Langkah-langkah Melakukan Balik Nama Kendaraan, Mobil atau Motor, Sangat Mudah dan Tidak Ribet

Begini Langkah-langkah Melakukan Balik Nama Kendaraan, Mobil atau Motor, Sangat Mudah dan Tidak Ribet

Setelah semua syarat ini lengkap, selanjutnya kita datang ke Kantor Samsat  tempat STNK yang baru diterbitkan dan menyerahkan 4 syarat tadi di loket mutasi yang berjaga.

Setelah itu kendaraan anda akan mengikuti proses cek fisik, simpan hasil gesekan nomor rangka dan nomor mesin yang didapat  dari proses cek fisik ini. 

Selanjutnya serahkan cek fisik tadi dengan dokumen yang telah dipesiapkan kepada petugas loket, selanjutnya petugas akan melegalisir dan dokumen anda dikembalikan.

Setelah berkas sudah anda terima datang ke loket cek fiskal, isi formulir yang telah disediakan dan kembalikan ke petugas tunggu sampai nama anda dipanggil.

BACA JUGA:

Tahapan berikut anda akan diarahkan ke Kasir untuk  membayar biaya cabut berkas dan melunasi pajak yang belum terbayar jika masih ada.

Kemudian anda akan diminta ke bagian mutase dan mengisi formulir lain yang telah disediakan. Petugas juga akan meminta berkas yang sudah dilegalisir. Setelah berkas dinyatakan lengkap, anda baru bisa mengisi formulir.

Anda akan diberi tanda terima pembayaran mutasi senilai Rp 75.000 sampai Rp 250.000. Bayar dan serahkan bukti-bukti pembayaran kepada petugas.  Anda akan diberi dua rangkap kwitansi, satu rangkap untuk petugas sementara satu lagi dibawa saat mengambil berkas. Pengambilan berkas biasanya 5-7 hari setelah pembayaran.

Datang lagi ke Samsat, sambil membawa bukti pembayaran di hari yang ditentukan. Tunggu nama dipanggil. Setelah berkas diterima kembali selanjutnya ke loket fiskal membayar Rp 10.000 dan mendapat tanda terima. Proses pencabutan berkas selesai.

Jika cukup waktu anda datangi Samsat untuk  pendaftaran STNK baru. Tujuan melakukan cek fisik untuk  melegalisir semua berkas yang didapat dari kantor Samsat sebelumnya. Serahkan berkas kepada petugas dan tunggu hingga nama anda dipanggil.

BACA JUGA:

Bawa berkas yang telah anda terima dari petugas dan fotokopi hasil cek fisik dan kwitansi yang telah dilegalisir. Serahkan berkas tersebut ke loket berkas mutasi. Semua berkas yang anda bawa akan diminta termasuk BPKB asli.  Jika semua berkas telah lengkap, petugas akan mengembalikan BPKB asli dan bukti pembayaran STNK.

Kemudian anda juga diminta kembali pada hari yang telah ditentukan bisa 1-2 hari kemudian. Pada hari yang telah ditentukan, datangi kembali loket mutasi dengan membawa bukti pembayaran STNK. Serahkan bukti tersebut kepada petugas dan nama  anda akan dipanggil tak lama kemudian. Anda diminta untuk  melakukan pembayaran untuk  membayar biaya penerbitana STNK baru atas nama anda sendiri.

Selanjutnya prosedur balik nama BPKB kendaraan bermotor:

1. Setelah mendapat STNK baru, langkah berikutnya datang ke Polda untuk  balik nama BPKB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: