Inilah Efek Samping Kurma Yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Terlalu Banyak

Inilah Efek Samping Kurma Yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Terlalu Banyak

JAKARTA,RADARPENA.FIN.CO.ID - Beberapa orang mungkin memiliki kepercayaan mengonsumsi kurma agar tubuh lebih kuat menjalani ibadah puasa. Secara umum, kurma memang mempunyai banyak manfaat kesehatan dan kecantikan.

Kandungan gula dan karbohidrat dalam kurma akan diolah oleh tubuh untuk memulihkan energi yang terkuras setelah berpuasa seharian. 

Kandungan serat dan kalori yang tinggi dalam kurma memang baik untuk tubuh. Akan tetapi, keduanya bisa menjadi bumerang bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak. Mulai dari kenaikan berat badan hingga gangguan pada pencernaan. 

Berikut ini, merupakan beberapa efek samping jika terlalu banyak mengonsumsi buah kurma yang telah dilansir dari beberapa sumber lain. Simak yuk!

BACA JUGA:

Kurma yang kaya nutrisi seperti protein, vitamin, mineral dan sebagainya memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun kurma yang memiliki kadar kalium tinggi juga bisa buruk bagi kondisi tubuh kita. Sebab asupan kalium yang terlalu banyak dalam tubuh bisa menimbulkan kelelahan ekstrem, mati rasa, mual atau muntah, kesulitan bernapas, nyeri dada hingga detak jantung tak beraturan. Pada kondisi yang lebih buruk bisa meningkatkan risiko hiperkalemia. Karena itu, konsumsilah kurma dalam batas yang sedang agar tidak terlalu banyak asupan kalium dalam tubuh.

  • Masalah Perut

Kurma adalah sumber serat yang sangat baik, yang, secara mengejutkan, bisa memiliki efek sebaliknya dalam kasus ini. Jika Anda belum mengonsumsi cukup serat, mengonsumsi terlalu banyak kurma berarti asupan serat yang berlebihan dan aliran tiba-tiba ini bisa menyebabkan masalah perut seperti sembelit dan kembung.

  • Meningkatkan Risiko Penyakit Diabetes

Buah kurma mengandung pemanis alami yang hampir setara dengan 30 gram gula. Kandungan gula yang tinggi tersebut membuat kurma dianggap sebagai makanan dengan indeks glikemik yang tinggi pula. Indeks glikemik atau GI merupakan sebuah ukuran seberapa cepat makanan dapat memengaruhi kadar glukosa darah. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mulai membatasi konsumsi kurma dengan kandungan gula yang tinggi, seperti 1-2 buah dalam satu hari adalah pilihan yang aman. 

  • Menyebabkan Hiperkalemia

Kurma merupakan salah satu sumber potasium yang jika dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan hiperkalemia, yakni kondisi ketika kadar kalium dalam darah terlalu tinggi.

  • Penyakit Ginjal  

Penderita penyakit ginjal sebaiknya berhati-hati saat mengonsumsi kurma.  Sebaikanya penderita penyakit ginjal berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kurma secara rutin. 

  • Sakit Perut dan Mual Hebat

Satu hal yang membuat tampilan kurma mengkilat karena makanan ini memiliki lapisan lilin di luarnya guna menarik perhatian. Lapisan lilin di kulit luar kurma inilah yang biasanya mengandung bahan beracun. Jika terlalu banyak mengonsumsi kurma, itu bisa menimbulkan gangguan pada perut dan mual berlebih. Pada kondisi yang lebih serius, konsumsi kurma dengan lapisan lilin terlalu banyak bisa mengancam jiwa.

BACA JUGA:

Sebuah penelitian menemukan mengonsumsi kurma terlalu banyak bisa menimbulkan efek kembung. Apalagi jika mengonsumsi kurma bersamaan dengan air. Hal itu terjadi karena adanya interaksi antara kadar gula tinggi pada kurma dan air. Oleh karena itu, disarankan jangan langsung minum air setelah mengonsumsi kurma.

  • Sembelit

Konstipasi atau sembelit rupanya dapat terjadi sebagai efek samping dari makan kurma secara berlebihan. Makan kurma berlebih sama dengan mengasup serat berlebih, sehingga hal ini menyebabkan gangguan pencernaan karena jalannya makanan di usus menjadi lebih lambat. Cukupi asupan serat namun hindari konsumsi secara berlebihan agar tidak menimbulkan ketidaknyamanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: