Antisipasi Kemacetan Libur Nataru 2023, Korlantas Polri Bakal Batasi Angkutan Barang hingga Berlakukan Contraflow

Antisipasi Kemacetan Libur Nataru 2023, Korlantas Polri Bakal Batasi Angkutan Barang hingga Berlakukan Contraflow

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Memasuki penghujung tahun 2023 yang tinggal satu bulan lagi, Korlantas Polri mulai melakukan persiapan untuk mengantisipasi kemacetan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). 

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan jalur sepanjang Tol Semarang-Surabaya pada Kamis, 2 November 2023.

Pengecekan jalur dilakukan di Rest Area KM 575 A Ngawi, Jawa Timur, untuk melihat ketersediaan dan kesiapan kantong parkir. Selain itu, Korlantas Polri juga mengecek Terminal Purabaya atau Terminal Bungurasih.

BACA JUGA:Inilah Manfaat Kesehatan yang Didapat Saat Mengonsumsi Kopi Tanpa Gula, Simak Yuk!

"Masih ada beberapa ruas jalan di Jawa Timur yang masih dalam pemeliharaan dan pelebaran. Dari pernyataan Pak Dirlantas (Polda Jawa Timur), 15 Desember itu sudah selesai semuanya pada saat operasi Natal dan Tahun Baru sudah bisa dilewati," kata Brigjen Pol Aan Suhanan dilansir dari laman NTMC Polri, Jumat, 3 November 2023.

Menurut Aan, Polda Jawa Timur akan berfokus pada destinasi wisata. Selain itu, pihak berwajib juga akan tetap melakukan pengamanan di jalur atau titik-titik rawan kemacetan, baik di jalan tol atau di jalur-jalur lainnya.

"Korlantas Polri juga mengecek jalur mulai dari Pos Lalu Lintas Cikopo, Purwakarta, hingga Pos Kalikangkung, Jawa Tengah," ujarnya. 

Aan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan strategi antisipasi apabila terjadi kepadatan dan perlambatan mulai dari pembatasan angkutan barang hingga contra flow.

"Kami akan mengusulkan untuk membatasi angkutan barang dan menambah kapasitas jalan dengan melakukan contra flow mulai satu lajur, dua lajur, sampai tiga lajur," ujarnya.

BACA JUGA:Kebakaran Kabel Listrik Depan Kampus Widuri Palmerah Pagi Ini, Satpol PP dan Pasukan Orange Ambil Langkah Cepat

Aan juga memperkirakan bakal ada pertemuan kendaraan dari Cisumdawu dan Cipali di KM 152, yang merupakan pertemuan arus dari Bandung dan arah Jakarta. 

"Kepadatan di jalur tersebut akan diantisipasi dengan melakukan contraflow ke KM sebelumnya dan masuk ke KM setelahnya," terangnya.

Peninjauan dilanjutkan di Pos Cikopo, Jawa Barat, hingga ke KM 86 A, yang saat ini sedang dilakukan pelebaran jalan. Lalu pengecekan juga dilakukan di KM 153 A Entrance Cisumdawu, Cipali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: