Resep Sambel Goreng Krecek ala Rumahan, Gurih Pedas Menu Pendamping Sarapan Pagi

Resep Sambel Goreng Krecek ala Rumahan, Gurih Pedas Menu Pendamping Sarapan Pagi

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sambel goreng krecek adalah salah satu hidangan yang sangat populer di Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah dan Jogjakarta.

Dikenal dengan rasa pedasnya yang khas, sambel goreng krecek telah menjadi pelengkap yang tak terpisahkan untuk berbagai hidangan nasi atau mi.

Krecek sendiri adalah istilah yang digunakan untuk kulit sapi yang disuwir tipis dan digoreng hingga renyah. Apabila digunakan sebagai bahan sambel, krecek ini akan memberikan rasa yang gurih dan kaya akan rasa.

Berikut adalah resep sambel goreng krecek ala rumahan yang akan menggoyang lidah Anda:

Bahan-Bahan : 

  • 1 ons krecek, cuci bersih dan rebus hingga empuk.

  • 5 buah cabai merah besar, buang biji (sesuai selera tingkat kepedasan).

  • 5 buah cabai rawit (sesuai selera tingkat kepedasan).

  • 5 buah bawang merah .

  • 3 siung bawang putih.

  • 1 ruas jahe, memarkan.

  • 2 lembar daun salam.

  • 2 lembar daun jeruk.

  • 2 sendok makan gula merah.

  • 1 sendok teh garam.

  • 1/2 sendok teh terasi.

  • Minyak goreng secukupnya.

BACA JUGA:

Cara Membuat :

  1. Panaskan minyak dalam wajan dan tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, jahe, daun salam, dan daun jeruk hingga harum.

  2. Setelah bumbu matang, angkat dan haluskan menggunakan blender atau ulekan.

  3. Masukkan kembali bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam wajan yang sama. Tambahkan terasi, gula merah, dan garam. Aduk rata.

  4. Tambahkan krecek yang sudah direbus ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu hingga meresap sempurna.

  5. Masak sambel goreng krecek dengan api kecil hingga krecek menjadi renyah dan aromanya semakin terasa.

  6. Setelah matang, angkat dan sajikan sambel goreng krecek hangat bersama dengan nasi atau mi kesukaan Anda.

Sambal goreng krecek ini memiliki cita rasa yang unik dan menggoyang lidah. Kombinasi antara krecek yang renyah dengan sambal yang pedas akan memberikan sensasi yang tak terlupakan pada lidah Anda.

BACA JUGA:

Selain itu, sambel goreng krecek ini juga mengandung gizi yang tinggi karena menggunakan bahan dasar krecek dari kulit sapi yang mengandung kalsium dan protein.

Anda dapat menyesuaikan tingkat kepedasan sambal goreng krecek sesuai dengan selera Anda. Jika lebih suka pedas, tambahkan cabai rawit yang lebih banyak. Namun, jika Anda tidak terlalu tahan pedas, bisa mengurangi jumlah cabai yang digunakan.

Krecek yang digunakan dalam sambal ini dapat dibeli di pasar tradisional atau toko bahan makanan khusus. Jika Anda tidak menemukan krecek yang sudah jadi, Anda juga bisa mencoba untuk membuatnya sendiri dengan mengeringkan kulit sapi dan menggorengnya hingga renyah.

Selain sebagai pelengkap nasi atau mi, sambel goreng krecek juga bisa digunakan sebagai toping pada sayur-sayuran seperti nasi uduk, ketupat, atau gado-gado.

Anda juga bisa mencoba menu lainnya seperti sambal goreng ati, sambel goreng tempe, atau sambel goreng teri. Jadi bisa di pastikan sambel krecek cocok jadi pendamping sarapan.

Menggoyang lidah dengan kelezatan yang menggoda, sambal goreng krecek siap menemani hidangan kesukaan Anda. Jangan ragu untuk mencoba resep ini dan nikmati sensasi gurih yang akan memanjakan lidah Anda. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: