LTN NU Lampung Tengah akan Gelar Focus Group Discussion (FGD) Melacak Sejarah NU Lampung Tengah dari Masa ke Masa

LTN NU Lampung Tengah akan Gelar Focus Group Discussion (FGD) Melacak Sejarah NU Lampung Tengah dari Masa ke Masa

LAMPUNG TENGAH, RADARPENA.CO.ID – Secara geografis, sosiologis, dan antropologis Kabupaten LAMPUNG TENGAH adalah salah satu Kabupaten tertua di Provinsi Lampung, sekaligus tersebar ratusan peran serta lembaga pendidikan Pondok Pesantren dalam mewarnai corak pendidikan di Kabupaten LAMPUNG TENGAH sekaligus mewarnai perkembangan dan pertumbuhan jamiyyah perkumpulan Nahdlatul Ulama pada masanya. 

Oleh karena itu peran sosok Kiai dan para pengasuh pesantren dalam perkembangan dan pertumbuhan jamiyyah perkumpulan Nahdlatul Ulama di Kabupaten Lampung Tengah sangat diperlukan untuk ditulis, dalam narasi panjang literasi kesejarahan NU, tidak lain adalah merapikan data masa lalu hingga masa kini. 

Hal tersebut disampaikan Sekretaris  Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN NU) PCNU Lampung Tengah, Ali Ghufron, S.Pd, Senin (30/10/2023) pagi, melalui sambungan seluler.    

“Oleh karena itu, salah satu ikhtiar untuk menjawab tantangan tersebut diatas, jajaran keluarga besar Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN NU) akan menggelar agenda istimewa, yakni Focus Group Discussion (FGD) : Melacak Sejarah NU Lampung Tengah Dari Masa Ke Masa, bertempat di lantai II gedung PCNU Lampung Tengah yang beralamatkan Jalan Proklamator Raya No 134 Seputih Jaya, Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, Selasa (31/10/2023) jam 09.00 hingga selesai,” tambahnya.

BACA JUGA:

Alumni Pondok Pesantren Darusy Syafa’ah Kotagajah, Lampung Tengah ini menambahkan, untuk jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang adanya Focus Group Discussion (FGD) : Melacak Sejarah NU Lampung Tengah Dari Masa Ke Masa ini adalah mengetahui bagaimana proses awal masuk NU di Lampung Tengah, mengetahui bagaimana perkembangan dan pertumbuhan secara kelembagaan / jam’iyyah perkumpulan NU di Lampung Tengah, mengetahui bagaimana aktivitas pasang surut NU di Lampung Tengah sejak era Orde Lama (Orla), Orde Baru (Orba) hingga Pasca Reformasi, dan memberikan sumbangan ilmu pengetahuan secara ilmiah bagi jamiyyah perkumpulan NU tentang sejarah perkembangan dan pertumbuhan NU di Lampung Tengah. 

Wakil Ketua LTN NU PCNU Lampung Tengah, Bad’ul Mungin, S.Pd.I, menambahkan, agenda Focus Group Discussion (FGD) : Melacak Sejarah NU Lampung Tengah Dari Masa Ke Masa, menghadirkan tiga (3) narasumber, yaitu ; Ila Fadilasari (Penulis Buku Sejarah dan Pertumbuhan NU Lampung), Dr. Ahmad Muzaki, M.Pd (Akademisi IAIN Metro), dan Kiai Aminan,M.Pd (Penasehat  LTN NU Lampung Tengah), agenda tersebut akan di moderatori oleh Kiai Saifur Rijal, S.H.I (Ketua Lakpesdam NU Lampung Tengah, masa khidmat 2017-2022). 

“Agenda istimewa ini akan dihadiri; jajaran pengurus PCNU Lampung Tengah, jajaran pengurus LTN NU Lampung Tengah, utusan MWC NU se Kabupaten Lampung Tengah, utusan pengurus Lembaga-Lembaga NU tingkat Cabang, utusan pengurus Badan Otonom NU tingkat Cabang, dan lain-lain,” tutupnya.(A. Syarief. K)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: