Kenali Gejala Cacar Monyet atau Monkeypox, Penyebab, dan Cara Mencegah yang Harus Diketahui

Kenali Gejala Cacar Monyet atau Monkeypox, Penyebab, dan Cara Mencegah yang Harus Diketahui

Gejala lain mungkin termasuk sakit perut, mual, dan muntah-muntah. Penampilan cacar pada orang yang terinfeksi bisa sangat berbeda-beda, mulai dari bentuk ringan hingga berat, dan bahkan fatal. 

Kasus yang ringan biasanya sembuh dalam jangka waktu 2-4 minggu, tetapi orang yang terinfeksi monkeypox biasanya memiliki bekas luka atau bintik kecil pada kulit selama beber yang signifikan, setelah cacar hilang.

BACA JUGA:

 

Penyebab Cacar Monyet atau Monkeypox

Cacar Monyet atau Monkeypox disebabkan oleh virus Monkeypox. Virus ini berasal dari keluarga Orthopoxvirus, yang sama dengan virus variola (cacar). 

Human monkeypox pertama kali diidentifikasi pada tahun 1970 di Kongo, Afrika. Virus ini kemungkinan besar berasal dari hewan liar seperti monyet, tikus, dan tupai dan kemudian menyebar ke manusia.

Yang membuat monkeypox unik dari cacar lainnya adalah bahwa ia adalah penyakit zoonotik. Ini berarti manusia dapat terinfeksi cacar monyet dari hewan. 

Biasanya, virus tersebut kemudian menyebar dari manusia ke manusia melalui udara, cairan tubuh, atau kontak fisik.

 

Cara Mencegah Cacar Monyet atau Monkeypox

Cara paling efektif untuk mencegah cacar monyet atau monkeypox adalah dengan menghindari kontak dengan hewan yang terinfeksi. 

Mungkin sulit mengetahui apakah hewan tertentu terinfeksi atau tidak, jadi disarankan untuk menghindari kontak dengan hewan liar. 

BACA JUGA:

Jika kita akan berkunjung ke hutan atau tempat-tempat yang memiliki keberadaan hewan dari keluarga primata, maka kita sebaiknya mengecek kesehatan hewan dan memakai pakaian yang protektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: