Menilik Sejarah Bangunan Bersejarah Yerusalem, Masjidil Aqsa

 Menilik Sejarah Bangunan Bersejarah Yerusalem, Masjidil Aqsa

RADARPENA.CO.ID - Seperti yang diketahui Masjid Al Aqsa di Al-Quds 'Yerusalem' adalah salah satu tempat paling bersejarah dan terhormat dalam Islam.

Tak hanya itu, Masjid ini memiliki landasan sejarah yang kaya, makna keagamaan yang dalam, dan memainkan peran penting dalam konteks politik saat ini.

Dalam islam masjid Aqsa merupakan salah satu dari tiga masjid yang diberkahi , selain Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah Menurut sejarah Islam.

Masjid Aqsa dibangun oleh Nabi Ibrahim (Abraham) bersama putranya Nabi Ismail (Ismail) dan kemudian dipugar pada masanya oleh Nabi Sulaiman (Sulaiman).

Masjid ini merupakan salah satu tujuan utama para peziarah umat Islam dan mempunyai kaitan sejarah yang kuat dengan perjalanan malam (Isra' Mi'raj) Nabi Muhammad SAW, yaitu perjalanan beliau dari Masjid Agung menuju Masjid Aqsa dan naik ke surga.

BACA JUGA:

Selama berabad-abad, berbagai hubungan kepemilikan dan konflik bermunculan di sekitar Masjid Al Aqsa.

Selama Abad Pertengahan, kota Yerusalem berada di bawah kekuasaan beberapa dinasti Muslim, termasuk Bani Umayyah dan Abbasiyah.

Kemudian, pada masa PBB pasca-Perang Dunia, kota ini dibagi antara Israel dan Yordania Setelah Perang Enam Hari pada tahun 1967, Israel menguasai seluruh Yerusalem Timur, termasuk Masjid Aqsa.

Masjid Al-Aqsa terletak di tengah konflik Israel-Palestina. Kawasan ini menjadi pusat perhatian dunia dan sumber ketegangan di Timur Tengah.

BACA JUGA:

Bagi umat Islam, Masjid Al-Aqsa tetap menjadi simbol perlawanan dan kekuatan dalam menghadapi berbagai tantangan.

Sebagian besar umat Islam meyakini bahwa berwisata ke Masjid Al-Aqsa adalah ibadah yang sangat mulia dan disambut baik.

Meski sebagian besar wilayahnya berada di bawah kendali Israel, Masjid Al-Aqsa tetap menjadi tempat ibadah yang aktif dan penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Banyak umat Islam yang berusaha menjaga dan mendukung kelestarian masjid ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: