Danau Batur, Salah Satu Wisata Bali Dengan Eksotisme Alam yang Memukau

Danau Batur, Salah Satu Wisata Bali Dengan Eksotisme Alam yang Memukau

Air danau batur ini bisa berubah warna tergantung kadar belerang yang terkandung di dalamnya. Terkadang air danau ini terlihat berwarna kebiru-biruan, namun bisa juga berubah menjadi hijau kekuning-kuningan. 

Menikmati suasana yang menenangkan, dengan udaranya yang sejuk, membuat para pengunjung betah berlama-lama di Danau Batur ini. Kalian juga bisa menikmati panorama Danau dengan berkeliling menggunakan perahu yang disewakan oleh penduduk.

Saat kalian berkunjung kesini, jangan lupa mengabadikan momen bersantai dengan selfie berlatar belakang gunung yang indah.

BACA JUGA:

Tempat Ibadah

Di tepian Danau terdapat beberapa bangunan pura yang sering digunakan untuk beribadah bagi umat Hindu. Pura ini digunakan untuk menyembah dewi danau atau ulun danu dan salah satu yang cukup terkenal yaitu Pura Segara Ulun Danu Batur. 

Keindahan Pura Segara Ulun Danu Batur tidak kalah dengan Pura Ulun Danu Beratan di Bedugul. Kamu bisa melihat bangunan pura yang tampak seperti mengambang diatas air danau yang tenang. 

Di sisi lain danau ini juga memiliki pura yang tidak kalah menariknya yaitu Pura Tirta Ulun Danu Bangli. Pura ini berada di dekat tebing sisi utara Danau dengan bangunan yang cukup besar dan berhias teratai. 

Tidak jauh dari pura, kamu juga bisa mengunjungi Patung Dewi Danu yang dibangun diatas batu karang. Keindahan danau berpadu dengan megahnya pura akan menjadi pemandangan yang tak biasa kamu temukan.

Belajar Budaya di Desa Trunyan 

Di seberang danau tepatnya sisi timur Danau Batur terdapat sebuah desa adat bernama desa Trunyan. Desa ini menjadi tempat tinggal bagi Bali Aga, suku tertua di Bali yang hingga kini masih ada. 

Hal unik dari desa ini yaitu prosesi pemakaman yang tidak dikubur atau di ngaben, melainkan diletakkan di bawah pohon. Untuk menyaksikan keunikan tersebut kamu harus menyeberang menggunakan kapal ke Desa Trunyan.

Berendam Air Panas 

Gunung Batur yang masih aktif sebagai gunung berapi membuat sekitar area Danau sering mengeluarkan sumber air panas. Salah satu sumber air panas yang cukup terkenal yaitu Toya Devasya yang berada di tepi Danau ini. 

Dari pemandian air panas ini kamu dapat melihat pemandangan indah danau dan gunung Batur dengan jelas. Sambil berendam dan relaksasi di air panas, kamu bisa bersantai menikmati suasana sejuk di sekitar danau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: