Diakui Dunia, Inilah 4 Masakan Nusantara Sebagai Warisan Budaya Versi UNESCO

Diakui Dunia, Inilah 4 Masakan Nusantara Sebagai Warisan Budaya Versi UNESCO

Tim radarpena - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan aneka ragam kuliner. Mulai dari Sabang sampai Merauke, banyak sekali kuliner dengan segala keunikan dari masing-masing daerah hingga sulit untuk dicatat secara singkat.

Kuliner Indonesia memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang, tidak hanya sekedar soal rasa namun keberagaman kuliner nusantara bisa berasal dari unsur lokal tetapi juga disebabkan oleh pengaruh luar.

Perlu diketahui, masakan nusantara sudah ada sejak abad ke 10, dimana para pakar yang menggeluti sejarah kuliner nusantara menjelaskan catatan kuliner di Indonesia banyak disebutkan dalam naskah kuno nusantara yang hingga kini masih sering kita konsumsi sehari-hari. Meski tidak tersimpang dengan baik namun bukan berarti resep leluhur tidak diwariskan dengan baik. 

Berdasarkan catatan sejarah, tahun 1950-an, Soekarno pernah menyampaikan ke pengurus Dharma Wanita untuk menyajikan sajian khas Nusantara dengan penyajian yang elegan. Kudapan-kudapan khas Indonesia disajikan secara elegan menggunakan model prasmanan dan menerapkan konsep table manner.

Sejarah tersebut, memperlihatkan bahwa Indonesia memiliki khazanah kuliner yang sangat kaya dan cocok dipakai sebagai media diplomasi.

 

Masuk sebagai Warisan Budaya UNESCO

Indonesia terdiri dari 34 provinsi dan 17.000 pulau. Bayangkan betapa majemuknya hasil bumi Nusantara. Hasil bumi yang berlimpah itu akhirnya menghasilkan ragam masakan yang sama-sama berlimpahnya. Indonesia kaya akan budaya, sekaligus kaya akan warisan budaya kuliner dalam skala nasional.

Begitu beragam citarasa masakan Indonesia, sehingga Badan Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan atau UNESCO menetapkan empat sebagai warisan budaya kuliner dunia.

Warisan kuliner Indonesia yang terdaftar di UNESCO. Indonesia adalah negara yang kaya akan kekayaan budaya dan keindahan alamnya. Tidak hanya itu, kelezatan kuliner Nusantara juga telah mendapatkan pengakuan dunia.

 

1. Rendang

Kelezatan Sumatera yang mendunia, Rendang meupakan hidangan daging khas Minangkabau, Sumatera Barat, menjadi salah satu kebanggaan kuliner Indonesia yang telah mencuri perhatian dunia.

Rendang terkenal karena proses memasaknya yang memakan waktu lama, sehingga daging menjadi begitu lembut dan rempah-rempahnya meresap ke dalamnya.

Bumbu -nya yang kaya dan rempah yang lezat memberikan cita rasa yang khas. Tak heran, rendang telah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia.

 

2. Nasi Goreng

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: