Sejarah Air Terjun Sekumpul Bali: Pesona Keindahan Alam Wisata Air Terjun Terindah di Pulau Dewata

Sejarah Air Terjun Sekumpul Bali: Pesona Keindahan Alam Wisata Air Terjun Terindah di Pulau Dewata

RADARPENA.CO.ID - Air terjun Sekumpul Bali merupakan salah satu keindahan alam wisata Air terjun terindah di Pulau Dewata, Bali, yang memiliki nilai sejarah tersendiri.

Terletak di desa Sekumpul, Buleleng, Bali, air terjun ini memiliki keunikan dan pesona yang memukau dengan sejarah yang dimilikinya.

Air terjun Sekumpul Bali terdiri dari tujuh buah air terjun yang menyatu menjadi satu dan membentuk pemandangan yang spektakuler.

Dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana sejarah air terjun Sekumpul Bali hingga menjadi objek wisata air terjun terindah di Pulau Dewata.

Pemilihan nama air terjun Sekumpul ini berasal dari kata "kumpul" yang mana di lokasi ini terdapat sekumpulan air terjun.

Sekumpulan air terjun ini terdiri dari 7 air terjun dengan lokasi tersembunyi di sekitar air terjun utama.

BACA JUGA:

Air terjun utama sendiri terdiri dari 2 air terjun dengan sumber mata air berbeda yang letaknya saling berdekatan dalam satu tempat yang disebut air terjun Ceburan oleh penduduk lokal.

Seiring berjalannya waktu, keindahan air terjun Sekumpul semakin terkenal dan menarik minat wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Pemerintah setempat pun berupaya untuk menjaga kelestariannya. 

Pada tahun 2005, air terjun Sekumpul resmi ditetapkan sebagai objek wisata alam dan dikelola oleh warga sekitar. 

Mereka membentuk kelompok masyarakat sadar wisata (Pokdarwis) untuk mengelola destinasi ini dengan baik.

Air terjun Sekumpul memiliki ketinggian mencapai sekitar 100 meter dan berada di tengah hutan tropis yang hijau. 

Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus melewati perjalanan yang cukup sulit. Jarak yang harus ditempuh pun cukup jauh.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: