Waspada Penyakit Jantung! Kenali Penyebab, Gejala, dan Pencegahannya

Waspada Penyakit Jantung! Kenali Penyebab, Gejala, dan Pencegahannya

RADARPENA.CO.ID - Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling sering terjadi dan menjadi penyebab kematian utama di dunia.

Kondisi ini terjadi ketika aliran darah ke jantung terganggu, biasanya akibat pembuluh darah yang menyuplai jantung tersumbat oleh plak atau mengalami penyempitan. Artikel RadarPena hari ini akan membahas lebih lanjut mengenai penyebab, gejala, serta pencegahan penyakit jantung.

Beberapa Penyebab Penyakit Jantung

Penyebab penyakit jantung dapat bervariasi, namun faktor risiko yang umum meliputi ;

  1. Gaya hidup tidak sehat seperti merokok, makanan tinggi lemak, kebiasaan minum alkohol berlebihan, dan kurangnya aktivitas fisik.

  2. Faktor genetik atau riwayat keluarga dengan penyakit jantung juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini.

BACA JUGA:

Gejala Penyakit Jantung yang Bisa Dideteksi Sejak Dini

Gejala penyakit jantung dapat sangat bervariasi tergantung pada jenisnya. Namun, gejala umum yang sering muncul adalah sebagai berikut :

1.  Sakit Gigi atau Sakit Rahang

Bukan hal yang aneh jika masalah jantung bermanifestasi sebagai nyeri di bagian lain tubuh. Beberapa orang melaporkan sakit gigi atau rahang sebelum serangan jantung.

Hal ini menghubungkan dengan ujung saraf yang memasok jantung. Karena kumpulan saraf yang melintasi jantung juga menjalar ke area lain di tubuh, maka mudah untuk salah mengira sumber gejala.

Selain kondisi akut, kebersihan mulut secara umum dan mencegah sakit gigi lebih penting dari yang Infeksi bakteri pada gusi atau gigi dapat menyebar ke jantung melalui aliran darah dan jika dibiarkan, dapat merusak katup jantung

2.  Gangguan Pencernaan 

Sakit maag disebabkan oleh gangguan pencernaan makanan. Saat asam lambung menggelembung ke kerongkongan, hal ini dapat menyebabkan rasa sakit yang membakar di dada, yang sering disalah artikan sebagai serangan jantung.

Direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter umum karena mereka dapat melakukan tes stres dan mendeteksi masalah jantung apa pun.

3.  Sakit Bahu

Sama seperti rasa sakit yang menjalar dan bermanifestasi di rahang, tanda pertama serangan jantung juga bisa muncul di bahu.

4.  Berkeringat Keras

Berkeringat saat berolahraga atau saat cuaca panas adalah hal yang normal, tetapi mengeluarkan keringat dingin saat sedang istirahat atau merasa sejuk mungkin merupakan tanda gagal jantung.

Meskipun para ahli belum sepenuhnya memahami mekanisme di balik fenomena ini, sebuah penelitian  menunjukkan bahwa hal ini dipicu oleh sistem saraf simpatik yang meningkat selama serangan jantung.

5.  Pembengkakan Pada Kaki, Tungkai dan Pergelangan Kaki 

Hal menunjukkan bahwa jantung  tidak memompa darah sebagaimana mestinya. Ketika jantung tidak dapat memompa darah dengan cukup cepat, darah tertinggal di pembuluh darah dan menyebabkan kembung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: