Urban Legend; 5 Cerita Mistis Gunung Lawu Yang Membuat Merinding Para Pendaki

Urban Legend; 5 Cerita Mistis Gunung Lawu Yang Membuat Merinding Para Pendaki

Ia kemudian diangkat menjadi penguasa dan penjaga seluruh makhluk gaib  Gunung Lawu. Setelah menjadi penguasa Gunung Lawu, Dipa Menggala diberi gelar Sunan Gunung Lawu dan patinya, Wangsa Menggala Kiai Jalaki.

Ketiga puncak Gunung Lawu dianggap sebagai tempat suci, terutama puncak Hargo Dalem, tempat hilangnya Raja Brawijaya V.

Kisah mistis Gunung Lawu yang bikin merinding

Selain memiliki legenda atau asal usul yang luar biasa, Gunung Lawu memiliki cerita mistis yang membuat merinding dan banyak beredar di kalangan masyarakat dan para pendaki.

BACA JUGA:

Cerita mistis Gunung Lawu di antaranya sebagai berikut:

1. Terdapat Pasar Setan Selain Gunung Arjuno, Gunung Lawu juga memiliki pasar setan yang dipercayai keberadaannya oleh para pendaki dan masyarakat sekitar.

Jika Anda melewati jalur pendakian Cheto, jangan kaget apabila mendengar sayup-sayup suara yang cukup ramai seperti di pasar.

Biasanya pengelola Gunung Lawu berpesan kepada para pendaki gunung untuk tidak membeli atau menerima barang yang ditawarkan orang yang ditemuinya di lereng gunung.

Sebab penjualnya bukanlah  manusia melainkan makhluk gaib yang tinggal di pasar setan.

2. Jumlah PendakiKisah mistis Gunung Lawo berikut ini menyangkut jumlah pendaki.

Ada aturan  tidak tertulis bahwa jumlah pendaki dalam satu rombongan tidak boleh ganjil karena konon diisi makhluk lain.

3. Mitos Sendang Drajat Sebuah mata air  bernama Sendang Drajat di puncak Gunung Lawu Penduduk setempat percaya bahwa siapa pun yang meminum air di sana akan awet muda.

BACA JUGA:

Namun hal ini kembali ke masa lalu, karena jika niat kita baik maka akan mempermudah, sebaliknya jika niat  buruk maka timbul hambatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: