13 Jurusan Terbaik di Indonesia yang Menjanjikan Karir Gemilang Bagi Generasi Muda

13 Jurusan Terbaik di Indonesia yang Menjanjikan Karir Gemilang Bagi Generasi Muda

RADARPENA.CO.ID - Memilih jurusan untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi memang tidak mudah, bagi generasi muda.

Dimana Banyaknya jurusan di bidang tertentu dan sehubungan juga dengan teknologi yang kian berkembang jadi salah satu faktor untuk menentukan jurusan kuliah dengan tepat.

Pemilihan jurusan terbaik di Indonesia sangat subjektif dan bergantung pada minat, bakat, serta tujuan karir masing-masing individu.

Akan tetapi, ada beberapa jurusan yang secara umum dianggap sebagai jurusan yang terbaik berdasarkan prospek karir dan relevansinya dengan kebutuhan pasar kerja saat ini.

Berikut adalah daftar jurusan kuliah terpopuler paling banyak diminati oleh para calon mahasiswa baru.

 

1. Jurusan Teknik Informatika
Dimulai dari jurusan Teknik Informatika yang biasa disebut dengan TI atau IT, Jurusan ini melahirkan ahli-ahli di bidang teknologi yang sangat berguna untuk masa depan.

Ilmu yang diajarkan dalam jurusan ini enggak ada matinya, generasi muda karena selalu dibutuhkan bagi kehidupan masa kini.

Teknik Informatika mempelajari ilmu teknologi, membuat aplikasi, memperbaiki jaringan sampai bahasa pemrograman dengan coding.

2. Jurusan Teknik Mesin
Jurusan Teknik Mesin jadi salah satu jurusan yang populer karena bisa terus berguna dan bisa berkesempatan memiliki gaji yang besar bagi para lulusannya jika bekerja di bidang yang sesuai.

Di balik menariknya belajar di jurusan ini, kamu harus bisa memahami ilmu-ilmu seperti Sains, Matematika, Fisika sampai Kimia.

 

BACA JUGA:Ranking Universitas Terbaik Di Jakarta Tahun 2023, Calon Mahasiswa Tak Perlu Bingung Lagi

BACA JUGA:Buruan Daftar! Beasiswa Sarjana Internasional Universitas Melbourne 2024 Buka Pendaftaran Hingga November 2023

3. Jurusan Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi akan melahirkan para ekonom yang berguna di banyak perusahaan, Bagaimana tidak, ekonomi memang menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari-hari.

Tak selalu bicara tentang uang, jurusan ini mempelajari strategi pengelolaan sumber daya yang terbatas terhadap permintaan yang tak terbatas.

Diharapkan lulusan dari jurusan ini dapat menyusun strategi yang dibutuhkan instansi pemerintah maupun swasta, Ilmunya juga bisa digunakan untuk kamu yang ingin menjadi pengusaha lho.

4. Jurusan Manajemen
Masih satu rumpun dengan Ilmu Ekonomi di bawah naungan rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora (SOSHUM), Jurusan Manajemen jadi salah satu yang populer karena memiliki ilmu untuk mengelola bisnis, membuat rencana, mengelola SDM hingga pemasaran.

5. Jurusan Pendidikan
Pendidikan menjadi salah satu hal terpenting dalam hidup,Tenaga pengajar atau Guru adalah pekerjaan yang sangat mulia karena mulai dari Guru yang hebat, orang-orang dapat mengenyam pendidikan yang baik pula.

Jurusan Pendidikan jadi salah satu tolak ukur SDM di suatu daerah, kamu harus tahu Jurusan Pendidikan terbagi dari tingkatannya seperti PGPAUD dan PGSD.

Selain itu juga terbagi dari masing-masing keahlian seperti Jurusan Pendidikan Seni, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Jurusan Pendidikan Fisika.

 

6. Jurusan Kedokteran
Tenaga kesehatan termasuk Dokter akan selalu dibutuhkan, Jurusan Kedokteran jadi salah satu yang banyak diincar.

Lulusan dari Jurusan Kedokteran ini sama mulianya dengan Guru karena langsung berhadapan dengan manusia.

Jika kamu suka dengan sains, pelajaran IPA seperti biologi, kamu bisa mencoba untuk masuk ke jurusan ini.

7. Jurusan Farmasi
Jurusan Farmasi punya keterkaitan dengan para Dokter, Jurusan di bidang kesehatan ini cocok untuk kamu yang menyukai sains dan biologi namun tidak ingin berurusan dengan organ tubuh manusia secara langsung.

Ahli farmasi akan membantu manusia untuk cepat sembuh dari penyakitnya melewati obat yang diraciknya.

8. Jurusan Hukum
Jurusan ini akan banyak mengajarkan kamu tentang seluk-beluk hukum dengan mendetail Setelah lulus, kamu bisa jadi ahli hukum yang mengimplementasikan hukum terhadap suatu masalah dengan adil.

Lulusan dari Jurusan Hukum bisa menjadi notaris, pengacara, penasihat hukum sampai hakim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: