Serba-Serbi Hari Batik Nasional: Merayakan Keren-nya Batik Indonesia!

Serba-Serbi Hari Batik Nasional: Merayakan Keren-nya Batik Indonesia!

RADARPENA.CO.ID - Hari Batik Nasional jatuh setiap tanggal 2 Oktober di Indonesia. Ini bukan sekadar perayaan biasa, teman-teman. Ini adalah momen di mana kita merayakan keindahan dan keragaman warisan budaya kita yang luar biasa, yaitu Batik!

Batik adalah salah satu yang paling terkenal dari Indonesia, dan dunia juga mengakui kehebatannya.

Artikel ini akan mengupas sejarah, budaya, dan makna di balik Hari Batik Nasional. Yuk simak pembahasan lengkapnya.

Batik, Jejak Warisan Budaya Indonesia yang Patut Dibanggakan

Sejarah batik di Indonesia sangat panjang dan beragam, lho. Beberapa catatan mengatakan kalau seni batik sudah ada di sini selama ribuan tahun.

BACA JUGA:

Bahkan, bukti arkeologis menunjukkan ada motif-motif batik di pakaian yang ditemukan di situs-situs kuno Indonesia.

Tapi, yang lebih seru lagi, catatan tertulis tentang batik muncul di naskah-naskah Jawa Kuno yang berasal dari abad ke-7 hingga abad ke-12!

Jaman dulu, saat kerajaan Hindu-Buddha memerintah di Indonesia, batik digunakan bukan hanya sebagai pakaian, tapi juga untuk menghiasi pakaian kerajaan, bangsawan, dan orang-orang keren. Motif-motif batik saat itu juga penuh dengan simbolisme agama Hindu-Buddha.

Tapi, begitu Islam masuk ke Indonesia, motif-motif batik berubah. Motif-motif abstrak dan geometris lebih populer dan menggantikan motif-motif religius. Batik menjadi lebih umum digunakan oleh orang biasa, nggak hanya oleh elite sosial.

Waktu zaman penjajahan, terutama di bawah pemerintahan Belanda, batik terus berkembang.

BACA JUGA:

Para produsen Belanda mulai memasarkan batik Indonesia ke luar negeri, dan ini menjadi awal dari ketenaran batik di dunia internasional. batik Indonesia menjadi super populer di mata dunia!

Budaya Batik di Indonesia: Identitas dan Kreativitas Nasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: