Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Bahan Alami, Yuk Simak!

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Bahan Alami, Yuk Simak!

RADARPENA.CO.ID  -  Sakit gigi sering kali menjadi gangguan kesehatan yang sangat menyakitkan, terutama jika terjadi di malam hari. Sakit gigi adalah rasa nyeri yang kamu rasakan di dalam atau di sekitar gigi

Intensitas nyeri yang ditimbulkan dapat berkisar dari ringan hingga parah. Kamu bisa merasakan nyeri tajam yang terjadi secara terus menerus atau hilang timbul tidak menentu. 

Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari tumbuh gigi, gusi bengkak, gigi berlubang, abses gigi (adanya nanah di dasar gigi), gigi retak/patah, tambalan gigi lama yang rusak dan lain sebagainya.

Ketika kamu mengalami sakit gigi, penting untuk mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Dari situ, kamu dapat menentukan cara terbaik untuk meredakan nyeri, bengkak, atau gejala lainnya. 

BACA JUGA:

Dokter gigi bisa dimintai bantuan untuk mendeteksi penyebab sakit gigi secera pasti dan mengobatinya. Tapi, jika sakit gigi terjadi di malam hari, kita mungkin tidak selalu bisa menemui dokter gigi.

Sebagai solusi, ada beberapa cara rumahan yang bisa kita lakukan untuk penanganan awal sakit gigi.

Ada sejumlah cara untuk menghilangkan sakit gigi secara mudah dan cepat. Dilansir situs Cleveland Clinic, berikut cara mengobati sakit gigi dengan ampuh. Yuk simak!

cara mengobati sakit gigi 

 

  • Bawang Putih

    Bahan yang biasa digunakan untuk masak sehari-hari ini ternyata juga bisa menyembuhkan sakit gigi. Sebab, kandungan allicin antimikroba di dalam bawang putih dapat membunuh bakteri dan menghilangkan rasa sakit gigi.
    Cara penggunaannya juga mudah. Geprek satu siung bawang putih sampai halus. Setelah itu buatlah pasta dari bawang putih yang sudah hancur tersebut. Kemudian oleskan pasta bawang putih ke area gigi yang sakit.
  • Kumur dengan Air Garam

    Cara berikutnya adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Soalnya, air garam dapat dijadikan sebagai disinfektan alami untuk membantu meluruhkan partikel dan serpihan sisa makanan di antara sela gigi.
    Selain itu, air garam juga membantu mengurangi peradangan dan luka yang timbul di mulut, seperti sariawan. Cara menggunakannya juga gampang. Cukup campurkan setengah sendok makan garam ke dalam segelas air hangat.
    Setelah itu, aduk sampai rata hingga garam larut di dalam air.
    Kemudian berkumurlah selama beberapa detik dan buang sisa airnya ke dalam wastafel.
  • Gunakan Obat Kumur Hidrogen Peroksida 

    Periodontitis adalah infeksi gusi serius yang pada umumnya terjadi akibat kebersihan mulut yang buruk. Periodontitis dapat menyebabkan masalah seperti sakit gigi, gusi berdarah, dan gigi yang lepas dari rongganya.
    Berdasarkan penelitian, berkumur dengan obat kumur hidrogen peroksida dapat membantu mengurangi plak dan gejala periodontitis.
    Dalam penggunaan hydrogen peroksida untuk obat sakit gigi, kamu tidak boleh sembarangan. Kamu harus selalu mengencerkan hidrogen peroksida dengan air dalam jumlah yang sama. Kumur larutan di dalam mulut, tetapi jangan ditelan.
  • Kompres Pakai Es Batu

    Sakit gigi berlubang biasanya disertai dengan pipi bengkak. Untuk meredakan kondisi tersebut, kamu bisa mengompres pipi yang bengkak dengan es batu.
    Cara mengobati sakit gigi satu ini termasuk yang paling mudah dan sederhana. Selain meredakan bengkak, kompres dingin juga membantu untuk mengurangi nyeri serta perdarahan ke dalam jaringan gusi.
    Kompres dingin dilakukan dengan cara membungkus beberapa keping es batu dalam sebuah handuk kecil. Lalu tempelkan handuk tersebut pada area pipi yang mengalami pembengkakan.
    Biarkan selama 15 menit-20 menit. Ulangi cara ini setidaknya tiga kali dalam sehari atau sampai bengkak di pipi kamu mereda.
  • Daun Jambu Biji

    Penelitian menyebutkan bahwa daun jambu biji memiliki sifat anti radang yang dapat membantu menyembuhkan luka. Tidak hanya itu saja, daun jambu biji juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melindungi kesehatan gigi dan mulut kamu.
    Cara mengobati sakit gigi menggunakan daun jambu biji sangat mudah. Kamu bisa mengunyah daun jambu biji segar secara langsung. Akan tetapi, pastikan kamu mencuci bersih daun jambu biji sebelum mengkonsumsinya.
    Jika tidak suka mengunyah daun jambu biji mentah, cobalah untuk menambahkan daun jambu biji yang sudah dihancurkan ke dalam air mendidih. Setelah menghangat, kamu bisa menggunakan larutan tersebut sebagai obat kumur.

BACA JUGA:

  • Beberapa Penyebab sakit Kepala Sebelah Kiri dan Treatment Ringan Mengatasinya
  • Penyebab Kulit Kusam Dan Cara Mengatasinya,Tips Mencerahkan Kulit Mukamu !
  • Minyak Cengkeh

    Cara yang pertama adalah menggunakan minyak cengkeh. Cengkeh mengandung senyawa eugenol yang dapat mengurangi nyeri akibat sakit gigi.
    Tak heran jika sejak zaman dahulu, cengkeh sudah digunakan sebagai obat alami untuk mengobati sakit gigi.
    Cara penggunaannya juga mudah.
    Tuangkan sedikit minyak cengkeh pada kapas, kemudian oleskan di area gigi yang sakit.
    Selain itu, kamu juga bisa menambahkan setetes minyak cengkeh ke dalam segelas air, lalu kumur-kumur selama beberapa detik dan buang sisa airnya ke dalam wastafel.
  • Kunyit

    Sebuah studi dalam Journal of Natural Science, Biology, and Medicine (2013) menyebutkan senyawa kurkumin dalam kunyit efektif untuk melawan bakteri penyebab infeksi gusi.
    Untuk menggunakan kunyit sebagai obat, Anda bisa memarut setengah ruas kunyit dan letakkan pada gigi yang bermasalah selama beberapa menit.
    Selain itu, Anda bisa mengolah kunyit menjadi pasta gigi dengan mencampurkan parutan kunyit bersama baking soda dan minyak kelapa.
    Aduk rata semua bahan tersebut sampai membentuk krim kental, kemudian gunakan krim ini setiap kali Anda ingin menyikat gigi.
  • Ekstrak Vanili

    Selain cengkeh, kamu bisa menggunakan ekstrak vanili sebagai salah satu obat alami untuk menyembuhkan sakit gigi.
    Soalnya, kandungan alkohol alami di dalam ekstrak vanili dapat mematikan rasa sakit gigi sementara waktu.
    Selain itu, kandungan antioksidan di dalam ekstrak vanili juga dapat menyembuhkan sakit gigi.
    Cara penggunaannya juga mudah, pakai ujung jari atau cotton bud untuk mengambil ekstrak vanili, lalu oleskan ke gigi dan gusi yang nyeri.
  • Teh Peppermint

    Minum teh peppermint juga dapat membantu mengurangi sakit gigi lho, detikers. Sebab, teh peppermint mengandung senyawa antibakteri dan antioksidan. Selain itu, kandungan menthol di dalam teh peppermint juga dipercaya dapat memiliki efek mati rasa ringan di area gigi yang sakit.

Itulah penjelasan terkait cara untuk mengatasi sakit gigi dengan mudah dan terbukti ampuh. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: