Kartu Prakerja Gelombang 61 Dibuka, Intip Cara Dan Syarat Untuk Mendaftar

Kartu Prakerja Gelombang 61 Dibuka, Intip Cara Dan Syarat Untuk Mendaftar

Kartu Prakerja -  Berdasarkan informasi yang diunggah di akun resmi Instagram @prakerja.go.id, pendaftaran Kartu Prakerja untuk gelombang ke-61 telah dibuka. Hal tersebut disampaikan manajemen pelaksana (PMO) program Kartu Prakerja melalui unggahan di akun Instagram resmi Kartu Prakerja.

"Siapa yang nungguin gelombang 61? Udah dibuka nih Sob! Yuk klik "Gabung Gelombang" di dashboard Prakerja kamu?" tulis akun Instagram prakerja.go.id Jumat 22 September 2023.

Udah daftar belum? Kalau belum, daftar dulu secara mandiri di www.prakerja.go.id supaya kamu #JadiBisa ikut gelombang seleksi Sob," lanjut akun tersebut.

Sementara peserta yang belum memiliki akun Prakerja dapat membuat akun terlebih dahulu di website www.prakerja.go.id. Head of Communication Prakerja, Lydia Kusnadi mengatakan, proses gabung Kartu Prakerja gelombang 61 ini akan berlangsung selama beberapa hari ke depan. 

BACA JUGA:

Sebagaimana gelombang Prakerja sebelumnya pada 2023. Bagi pendaftar yang lolos seleksi Prakerja akan menerima dana pelatihan sebesar Rp 4,2 juta. 

"Beasiswa pelatihan Prakerja Gelombang 61 dalam skema normal memberi nilai manfaat yang akan didapat penerima program sebesar Rp 4,2 juta, terbagi dalam beasiswa pelatihan Rp 3,5 juta, insentif menyelesaikan pelatihan Rp 600.000 dan insentif menyelesaikan dua kali pengisian survei Rp 100.000," jelasnya dalam keterangan tertulis, Jumat (22/9/2023).

Cara Daftar Prakerja

Berikut ini merupakan cara mendaftar Kartu Prakerja gelombang 61:

  1. Buka laman Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id.
  2. Jika belum memiliki akun, pilih menu “Daftar” untuk membuat akun baru.
  3. Isi formulir pendaftaran dengan lengkap, termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), foto KTP, nomor HP aktif, dan informasi pribadi lainnya untuk diverifikasi.
  4. Jika sudah memiliki akun sebelumnya, langsung pilih menu “Masuk” dengan menggunakan email dan password yang telah terdaftar sebelumnya.
  5. Lakukan tes motivasi dan tes kemampuan dasar untuk menilai kualifikasi Anda.
  6. Jika pendaftaran telah dibuka, pilih “Gabung Gelombang” dan tunggu konfirmasi selanjutnya atau pengumuman kelulusan setelah pihak penyelenggara melakukan evaluasi.

Bagi peserta yang berhasil lolos seleksi, mereka akan diberikan nomor Kartu Prakerja dan saldo yang dapat diakses melalui dashboard akun mereka. Peserta yang telah lulus harus memilih pelatihan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.

BACA JUGA:

Syarat Pendaftaran

Berikut ini persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 61:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 - 64 tahun.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal. Sedang mencari kerja pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja.
  3. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri,
  4. Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  5. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: