Di Kepulauan Indonesia Terdapat Banyak Gunung, Penjaga Keseimbangan Bumi

Di Kepulauan Indonesia Terdapat Banyak Gunung,  Penjaga Keseimbangan  Bumi

Jumlah Gunung Indonesia - Sebagai sebuah negara Kepulauan, Indonesia banyak sekali memiliki Gunung-Gunung ataupun Pegunungan.

Gunung-gunung itu tersebar hampir merata di Provinsi yang berada dalam Wilayah Kepulauan Republik Indonesia.

Dikutip dari laman indonesiabaik.id Jumlah Gunung dii Indonesia, yang kategori aktif mencapai 129 buah, sisanya kurang lebih 500 Gunung sudah tidak aktif lagi.

Dari 129 gunung aktif di Indonesia, terdapat  79 buah Gunung yang sudah pernah meletus semasa sejarah (1600 Masehi).

Sebanyak 26 buah, masih dalam taraf  solfatara dan formula; 21 gunung api telah termasuk sulfatara, karena tidak jelas lagi kepundannya.

Gunung aktif adalah Gunung yang masih bisa mengalami erupsi dan dapat meletus.

Pesebaran letak Gunung Api di Indonesia terbagi dalam beberapa Zona. Zona Gunung Api terbagi dalam beberapa Zona. Zona Gunung Api ini pada umumnya terletak  di Zona Busur Dalam.

BACA JUGA:

Di dalam alquran diterangkan, Gunung diciptakan oleh Allah SWT,  memiliki fungsi dan tujuan tertentu yakni sebagai penyeimbang dan penahan bumi atau bisa disebut pasak Bumi tempat manusia tinggal agar tidak berguncang.

Firman Allah dalam Surat An-Nahl ayat 15

"Dan Dia menancapkan Gunung-gunung di Bumi supaya bumi itu, tidak berguncang bersama kamu (dan Dia menciptakan)  sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk".

Jika dilihat dari Fungsi kegunaan dari penciptaan Gunung, yang dijelaskan dalam Al Quran itu, betapa sangat banyak dan bermanfaat sekali Gunung-gunung yang ada,untuk  kelangsungan Hidup Manusia di Permukaan bumi ini. 

Gunung-Gunung di Indonesia letaknya hampir merata alias disetiap Provinsi terdapat Gunung. Gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Puncak Jaya Wijaya Terletak di Provinsi Papua , Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 4.884 mdpl.

Tak saja tertinggi di Indonesia, namun Gunung Puncak Jaya Wijaya juga termasuk ke dalam deretan gunung tertinggi di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: