Kenali Gejala Kolesterol Tinggi Di Usia Muda

Kenali Gejala Kolesterol Tinggi Di Usia Muda

Gejala Kolesterol Tinggi - Kolesterol tinggi bukan hanya masalah yang terbatas pada orang tua, tapi juga dapat mempengaruhi orang muda. Mengenali ciri-ciri kolesterol di usia muda sangat penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat.

Kolesterol adalah zat yang lunak seperti lilin yang terdapat di dalam darah. Tubuh manusia memerlukan Kolesterol untuk membangun sel, agar menghasilkan vitamin dan hormon. 

Sangat penting bagi setiap orang untuk menjaga kadar kolesterolnya tetap berada di angka normal. Ketika kadar kolesterol terlalu tinggi, ini bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan.

Mengenai kolesterol tinggi, hal ini juga sangat mungkin terjadi pada orang-orang dengan usia yang masih sangat muda. 

BACA JUGA:

Justru sebaliknya, anak muda zaman sekarang sangat mungkin terkena kolesterol tinggi. Apalagi untuk mereka yang kurang gerak, kurang istirahat dan tidak menjaga pola hidupnya dengan baik. 

Seiring waktu, kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di dalam pembuluh darah yang disebut sebagai aterosklerosis. Imbasnya, rongga pembuluh darah menjadi lebih sempit, sehingga aliran darah menjadi terhambat.

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi Usia Muda

  • Nyeri Dada

Gejala pertama yang sering terjadi adalah nyeri dada. Nyeri dada terjadi karena tersumbatnya arteri oleh lemak dalam darah. Akhirnya, oksigen dan aliran darah ke jantung tidak bekerja dengan baik. Ini yang kemudian menyebabkan nyeri dada. 

  • Kelelahan

Sering merasa lelah di usia muda bisa jadi gejala kolesterol tinggi. Aliran darah yang tidak lancar akibat kolesterol tinggi, membuat seseorang rentan merasa lelah, lemas dan tak berdaya meski sudah memiliki istirahat cukup setiap harinya.

  • Kenaikan Berat Badan

Kolesterol tinggi juga dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan yang nggak diinginkan pada usia muda. Kolesterol yang nggak seimbang dalam tubuh dapat mempengaruhi metabolisme dan menghambat kemampuan tubuh untuk membakar lemak dengan efisien, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penambahan berat badan.

  • Masalah Pencernaan

Kolesterol yang tinggi dapat mempengaruhi sistem pencernaan. Beberapa orang dengan kolesterol tinggi mungkin mengalami masalah pencernaan seperti mulas, diare, atau sembelit. Perubahan pada metabolisme yang disebabkan oleh kolesterol tinggi dapat mengganggu penyerapan nutrisi dan keseimbangan bakteri dalam saluran pencernaan.

  • Masalah Kardiovaskular

Kolesterol tinggi pada usia muda juga dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. Plak kolesterol yang menumpuk di dalam arteri dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, menghambat aliran darah yang lancar, dan meningkatkan risiko terjadinya penyumbatan arteri yang dapat berakibat fatal.

  • Mudah Mengantuk 

Ciri-ciri kolesterol di usia muda yang pertama adalah mudah mengantuk. Seringnya menguap terjadi akibat pasokan oksigen ke otak berkurang. Apabila frekuensi menguap sudah tidak wajar, maka patut curiga sebagai tanda kolesterol tinggi. Sebab, menguap bisa dipicu menumpuknya kolesterol dalam pembuluh darah, sehingga pasokan oksigen menuju otak menjadi tidak optimal. 

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: