Apa Itu TOEFL? Inilah Pengertian, Jenis Tes, Serta Manfaatnya

Apa Itu TOEFL? Inilah Pengertian, Jenis Tes, Serta Manfaatnya

Apa Itu TOEFL? - TOEFL atau Test of English as a Foreign Language adalah tes standar internasional yang digunakan oleh lembaga pendidikan dan keberhasilan karier di seluruh dunia untuk menentukan kemampuan bahasa Inggris seorang individu. 

TOEFL dirancang untuk mengevaluasi kemampuan seseorang dalam tata bahasa, kosakata, keterampilan membaca, mendengarkan serta menulis.

Jenis Tes TOEFL 

TOEFL hadir dalam beberapa jenis tes yaitu TOEFL iBT (Internet-based test), TOEFL ITP (Institutional testing program), TOEFL PBT (paper-based test) serta TOEFL Junior.

Namun, yang paling sering digunakan adalah TOEFL iBT.

TOEFL iBT adalah jenis tes TOEFL terbaru yang dilakukan secara online. Tes ini dilakukan melalui internet dan menggunakan perangkat komputer. 

BACA JUGA:

Pada tes ini calon peserta diharuskan untuk melakukan beberapa hal di antaranya, mengikuti tes tata bahasa Inggris, menguji kemampuan pemahaman kosakata, mendengarkan dialog dan wacana, serta menulis sebuah esai.

TOEFL ITP adalah jenis tes TOEFL yang lebih sering diadakan secara institusional seperti dioleh kursus-kursus bahasa Inggris. 

Tes ini dilakukan melalui kertas dan pensil, jauh lebih mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal seperti TOEFL iBT.

TOEFL PBT adalah jenis tes TOEFL yang digunakan ketika koneksi internet tidak tersedia.

BACA JUGA:

Pada tes ini, peserta akan melihat lagi tes tata bahasa Inggris dan kemampuan membaca, mendengarkan serta menulis lebih cenderung pada tes kertas.

TOEFL Junior adalah tes versi anak-anak dari TOEFL, dirancang untuk siswa sekolah menengah pertama dan atas. Tes ini biasanya dilakukan secara institusional, seperti dalam kelas bahasa Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: