Cara Buat Akun SSCASN CPNS 2023 Dengan Mudah, Simak Caranya!

Cara Buat Akun SSCASN CPNS 2023 Dengan Mudah, Simak Caranya!

Buat Akun SSCASN CPNS 2023 -  Pendaftaran akun CPNS 2023 dilakukan secara online. Calon peserta seleksi CASN dapat mendaftarkan diri melalui situs resmi SSCASN.

Badan Kepegawaian Negara, disingkat BKN, adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang manajemen kepegawaian negara.

Kemajuan teknologi membuat sistem pendaftaran CPNS menjadi lebih mudah diakses. Kini, calon pelamar tidak perlu mengirimkan berkas secara fisik.

Pendaftaran CPNS terangkum dalam satu jalur melalui portal SSCN. Cara daftar CPNS mulai dari pengisian biodata hingga kelengkapan dokumen kini dilaksanakan secara daring.

Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) 2023 akan dibuka pada 17 September 2023. Ini merupakan akses atau portal yang disediakan untuk mendaftar seleksi ASN dan PPPK secara nasional.

BACA JUGA:

Perlu diketahui, pendaftaran menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) hanya bisa dilakukan melalui portal SSCASN BKN.

Calon peserta hanya dapat melamar satu jabatan dalam satu jenis formasi di satu instansi pada satu jenis seleksi. Maka dari itu, pertimbangkan baik-baik jabatan, instansi, dan formasi mana yang akan dipilih. Sebab, setelah dipilih, sasaran yang diminati tidak dapat diubah lagi.

Untuk mengikuti proses seleksi penerimaan CPNS 2023, pendaftar wajib memenuhi syarat dan wajib melakukan pendaftaran di website resmi SSACSN pada sscasn.bkn.go.id. Berikut cara membuat akun SSACSN.

  • Cara Buat Akun SSCASN CPNS 2023

  1. Pertama, buka portal SSCN dengan alamat https://daftar-sscasn.bkn.go.id/akun. Lalu arahkan kursor untuk mulai mendaftar. Dalam laman pendaftaran Anda akan diminta mengisi beberapa informasi dasar untuk membuat akun.
  2.  Buat Akun SSCN
  • Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga (NIK KK), Nama Lengkap sesuai KTP, Tempat Lahir sesuai KTP dan Tanggal Lahir sesuai KTP.
  • Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data KTP, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).
  • Selanjutnya Anda akan diminta memasukkan kode captcha.
  • Anda akan diarahkan pada laman untuk mengisi nama lengkap, NIK, alamat email yang valid,tempat tanggal lahir, pertanyaan pengaman dan password akun.
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengunggah pas foto dengan latar belakang merah.
  • Pastikan untuk memverifikasi data yang sudah Anda isi.
  • Selanjutnya anda akan mendapatkan kartu informasi akun yang dapat diunduh ke perangkat Anda.

    3. Login. Setelah proses di atas Anda kini dapat login dengan menggunakan NIK sebagai username dan                      password yang telah didaftarkan saat membuat akun SSCNS.

    4. Swafoto (Selfie). Untuk dapat lanjut ke tahap pemilihan instansi dan formasi anda diharuskan mengunggah           swafoto dengan posisi memegang kartu informasi akun dan KTP.

BACA JUGA:Berikut Tahapan Seleksi Tes CPNS 2023 Jangan Sampai Terlewat!

  • Cara Daftar CPNS 2023 dengan Melakukan Daftar Instansi

  1. Login SSCN di https://daftar-sscasn.bkn.go.id/ menggunakan NIK dan Password pada saat mendaftar
  2. Unggah foto diri memegang KTP dan Kartu Informasi Akun
  3. Lengkapi data pribadi
  4. Pilih Instansi, jenis formasi, pendidikan, dan jabatan
  5. Lengkapi data pada kolom yang tersedia
  6. Upload dokumen dan cek resume
  7. Cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2023.

Itulah, ulasan terkait informasi mengenai bagaimana cara mendaftar dan membuat akun SSCASN CPNS 2023. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: