Penjelasan Ustadz Abdul Somad Tentang Pentingnya Ber-Istighfar

Penjelasan Ustadz Abdul Somad Tentang Pentingnya Ber-Istighfar

Pentingnya Berdzikir, Ustadz Abdul Somad - Ustadz Abdul Somad, penceramah kondang Indonesia menjelaskan pentingnya istighfar bagi umat Islam dan sangat dianjurkan untuk rutin melakukannya.

Istighfar merupakan sebuah istilah dalam Islam yang mengacu pada tindakan memohon ampunan Allah SWT. Kata "istighfar" berasal dari bahasa Arab, yaitu akar kata "ghafr", yang memiliki arti menutup atau melindungi.

Dalam agama islam, istighfar adalah cara seorang hamba untuk meminta maaf kepada-Nya dan memohon ampun atas khilaf serta kesalahan yang telah diperbuat.

Ustadz Abdul Somad mengungkapkan salah satu ganjaran yang Allah limpahkan adalah terlepas dari cobaan hidup di Dunia. Kalimat istighfar dibaca baik dalam lisan maupun dalam hati, itu termasuk dzikir kepada Allah SWT.

Istighfar adalah salah satu bacaan yang dapat dibaca kapanpun dan dimanapun, termasuk setelah shalat yang dimana dianjurkan langsung oleh Rasulullah SAW.

Sebagai umat manusia biasa, kita tidak luput dari yang namanya kesalahan, baik itu kita sadari ataupun tidak kita sadari, karenanya, istighfar penting untuk menghapus dosa-dosa kita dan meminta ampunan-Nya.

BACA JUGA:

Ustadz Abdul Somad menguraikan sabda Nabi Muhammad SAW, bacaan istighfar mulai dari yang pendek hingga yang panjang, antara lain sebagai berikut :

Bacaan Istighfar

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ

Astaghfirullahal 'adziim

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung."

atau bisa juga ditulis dengan lebih singkat sebagai berikut:

أستغفرالله  

Astaghfirullah

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah

اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ

Astaghfirullah al-'azim wa atubu ilaih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: