Rekomendasi Motor Matic Paling Irit 2023, Tembus 60 km/liter

Rekomendasi Motor Matic Paling Irit 2023, Tembus 60 km/liter

Rekomendasi Motor Matic Paling Irit -  Motor Matic sangat menjadi pilihan di Indonesia. Hal ini, dikarenakan desainnya yang ergonomis dan kemudahan penggunaannya menjadikan motor ini pilihan utama bagi banyak orang dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Namun, masih banyak anggapan bahwa motor matic memiliki konsumsi BBM yang boros. Pada kenyataannya, saat ini terdapat banyak motor matic yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang meningkatkan efisiensi BBM.

Pada perkembangannya, eksistensi motor matik di Indonesia terus konsisten terjaga dan terus berkembang. Bukan tanpa alasan, faktor utama yang mendasarinya mungkin adalah kemudahan untuk mengendarainya jika dibandingkan jenis motor bebek atau motor kopling. 

Saat mencari rekomendasi motor matik, salah satu kriteria yang paling dicari biasanya adalah kendaraan yang hemat bahan bakar. Fitur-fitur tersebut dirancang untuk mengoptimalkan penggunaan BBM pada motor matic. 

Salah satu fitur tersebut adalah sistem pengabutan BBM yang canggih, yang dapat mengatur aliran bahan bakar secara tepat sesuai dengan kebutuhan mesin.

BACA JUGA:

Hal ini memungkinkan penggunaan BBM yang lebih efisien, sehingga mengurangi konsumsi BBM secara  keseluruhan.

Melansir dari berbagai sumber, inilah beberapa motor matic yang paling irit BBM 2023. Simak yuk!

Yamaha Fazzio Hybrid-Connected

  • Mesin Yamaha Fazzio Hybrid-Connected ini 4 langkah 1 silinder SOHC 2 katup berpendingin udara. Mesin baru ini konsumsi bensinnya cukup hemat. Kombinasi antara mesin yang tak mudah “teriak” karena pakai roller berat serta punya tenaga tambahan dengan teknologi hybrid di kecepatan rendah, ternyata memang ampuh membuat mesin Fazzio ini jadi irit. Apalagi ada fitur SSS (Stop & Start System) yang otomatis mematikan mesin jika berhenti lebih dari 5 detik. Rata-rata konsumsi bensinnya bisa tembus 51,6 km/liter. Irit bukan?

All New Honda Scoopy

  • All New Scoopy pakai basis dari Honda Genio, dengan mesin eSP generasi terbaru, dan sasis eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) yang secara bobot lebih ringan. Karakter mesin All New Scoopy yang turunan Genio dan juga dipakai di All New BeAT memang khas. Tarikan awal dari berhenti hingga 30 km/jam cukup responsif, namun kemudian untuk naik sampai 60 km/jam terasa lama. Malah di kisaran 50 km/jam ada sedikit vibrasi yang terasa di area dek dan jok. Baru kemudian jika kecepatan dijaga di atas 60 km/jam hingga 80 km/jam maka terasa enteng lagi. Tapi kemudian lambat lagi jika diajak menyentuh angka 100 km/jam.

Honda BeAT 

  • Honda BeAT menjadi salah satu motor matik yang paling populer dan banyak digunakan di Indonesia. Mengutip laman Astra Honda, kendaraan ini menghadirkan inovasi mesin generasi baru eSP 110cc dengan Idling Stop System dan ACG Starter yang irit dan bertenaga. Sejumlah fitur yang dimiliki Honda BeAT 2023 di antaranya adalah Combi Brake System, Secure Key Shutter, lampu depan LED, ban Tubeless, dan masih banyak lainnya. Dengan dimensi 1.877 x 669 x 1.074mm, motor ini bisa mencapai daya maksimum 6,6 kW dan torsi maksimal 9,3 Nm. 

Yamaha Fino 125 

  • Berbekal mesin 125cc, Yamaha Fino 125 dilengkapi teknologi Blue Core yang membuatnya lebih irit, halus, dan terasa nyaman saat dikendarai. Dengan dimensi 1870 x 700 x 1066mm, skutik ini bisa mencapai daya maksimum 9.52 PS di 8000rpm. Selain teknologi Blue Core, motor ini juga memiliki sederet fitur lainnya. Sebut saja seperti ban lebar & tubeless, stop & start system, smart lock system, Advanced Key System, Led Head Light, dan lainnya. Sementara itu, untuk variannya sendiri terdapat Fino Premium, Fino Sporty, hingga Fino Grande. Masing-masing pilihan tersedia tersedia dalam berbagai warna dan harga yang berbeda juga.

Honda Genio

  • Genio dan Scoopy memiliki desain yang sama, bahkan mirip. Keduanya sama-sama mengusung konsep skutik dengan sentuhan retro-modern. Namun bagaimana dengan daya konsumsi bahan bakarnya? Di atas kertas, Honda Genio termasuk motor matic paling irit di tahun 2023, yaitu hampir menyentuh angka 60 km/liter. Selain irit, skutik ini juga dilengkapi LED headlamp, USB Power Charger, dan panel meter digital dengan eco indicator. 

Suzuki Nex II

  • Motor matik Nex II punya desain modern dan futuristik yang menarik perhatian. Dengan mesin 115cc FI dan teknologi SEP (Suzuki Eco Performance), motor ini menawarkan keunggulan dalam efisiensi bahan bakar. Meski berbobot sekitar 93 kg, Suzuki Nex II mampu menghasilkan tenaga 6,9 kW. Motor ini juga dilengkapi dengan fitur menarik, seperti Suzuki Easy Start System, LED Headlight, USB Charger, dan Floor Board Sill Guard.

BACA JUGA:Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Grand Filano

TVS Callisto

  • Dengan meluncurkan varian Callisto, TVS menciptakan motor entry-level yang irit bahan bakar. Motor ini memiliki konsumsi BBM sekitar 65 km/liter. Mesinnya berkapasitas 109,7 cc dengan tenaga maksimal 8 dk pada 7.500 rpm dan torsi maksimal 8 Nm pada 5.500 rpm. Selain itu, desainnya yang unik cocok bagi kamu yang ingin tampil beda. Berkat efisiensi tinggi dan desain yang menarik, motor TVS Callisto bisa menjadi opsi motor matic paling irit tahun 2023.

Yamaha FreeGo

  • Sebagai salah satu skutic terkemuka dari Yamaha, FreeGo memiliki tingkat efisiensi BBM yang cukup irit. Dengan dilengkapi fitur Stop & Start System (SSS), motor ini mampu mencapai konsumsi BBM rata-rata 45 km/liter. Yamaha FreeGo dilengkapi dengan mesin berkapasitas 125 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 9,38 dk pada 8.000 rpm dan torsi maksimal hingga 9,5 Nm pada 5.500 rpm. Selain itu, desainnya yang stylish membuat Yamaha FreeGo menjadi salah satu motor matic paling irit BBM dengan tampilan yang menawan.

Yamaha Fino Blue Core

  • Satu lagi varian motor matic yang sangat irit, yaitu Yamaha Fino Blue Core. Motor ini dilengkapi dengan mesin 125 cc, teknologi Blue Core, dan Eco Indicator, sehingga perjalanan dengan motor ini terasa sangat hemat BBM. Yamaha mengklaim bahwa motor ini dapat menempuh jarak sekitar 47 km hanya dengan menggunakan 1 liter bensin. Selain irit, skutic dengan desain klasik ini juga memberikan kenyamanan dan kesan stylish.

Itulah, beberapa rekomendasi motor matic paling irit BBM di tahun 2023. Semoga bermanfaat.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: