Kekurangan Vitamin B, Waspada Penyakit Berbahaya Mengintai Anda

Kekurangan Vitamin B, Waspada Penyakit Berbahaya Mengintai Anda

Manfaat Vitamin B - Vitamin B sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk  terus menjaga kesehatan serta keseimbangan  termasuk menghindar dari serangan penyakit berbahaya.

Tubuh manusia normal,  memerlukan asupan vitamin B  yang cukup agar fungsi organ tubuh dapat berjalan baik serta membantu perkembangan sel.

Sel-sel tubuh yang berkembang secara sehat menandakan metabolisme di tubuh seseorang berjalan sempurna.

Selain itu konsumsi B yang cukup akan membuat tubuh segar dan sehat serta bertenaga sepanjang hari dampak dari sirkulasi darah yang lancar 

Regenarasi sel-sel kulit akan berlangsung sempurna, membuat tampilan fisik terutama kulit akan terlihat ceria dan jauh dari kata kusam.

Vitamin B bisa diperoleh, dengan cara mengkonsumsi  buah-buahan. Beberapa buah-buahan yang dapat dimakan sebagai sumber vitamin adalah Nanas, alpukat, apel, semangka strawberry, melon, jambu biji, hingga dan kurma.

BACA JUGA:

Sedangkan sayur-sayuran sumber penghasil vitamin B antara lain, mentimun, Bayam, Kembang Kol, Lobak, Brokoli, Asparagus.

Tubuh manusia, tidak boleh kekurangan Vitamin B, termasuk varian-varian Vitamin B , mulai dari B1, sampai B12 atau B Kompleks.

Jika terjadi seseorang mengalami kekurangan Vitamin B maka bisa mendapatkan berbabagai macam penyakit mulai dari ringan hingga berat.

Bebeberapa penyakit akibat kekurangan Vitamin B dan variannya

1.      Penyakit Beri-beri

Penyakit Beri-beri merupakan penyakit pembengkakkan ditungkai atau di tulang.  Penyakit ini sangat berbahaya karena bisa membuat seseorang sulit berjalan karena sakit bahkan bisa berujung lumpuh.

 2.      Anemia

Jika seseorang kekurangan vitamin B, bisa berakibat munculnya penyakit anemia atau kekurangan darah. Mengapa itu bisa terjadi. Jawabannya adalah, salah satu fungsi dari vitamin B, adalah pembentuk sel-sel darah merah. Sel-sel darah merah ini lah bertugas mencukupi kebutuhan darah dalam tubuh.

Jika sel-sel darah merah terganggu produksinya , akan berimbas kepada jumlah darah dalam tubuh.

 3.      Lemas dan Pusing

Gejala-gejala awal dari kekurangan Vitamin B adalah sering lemas dan pusing. Walau sudah beristirahat cukup, tetapi terkadang rasa  lemas dan pusing tidak hilang, karena dampak kekurangan vitamin B.

Gejala awal dari Kekurangan vitamin B adalah sel darah merah yang jumlahnya tidak cukup sehingga membuat darah juga berkurang.

 4.      Kesemutan.

Kesemutan yang ditandai dengan gejala kram-kram dibagian kaki maupun tangan, salah satu penyebabnya adalah kekurangan vitamin B.

Kita disarankan segera mengkonsumsi, sayur-sayuran maupun buah-buahan untuk  menghilangkan kesemutan ini.

Cara lain adalah meminum tablet vitamin B yang banyak dijual di apotek maupun toko-toko obat berizin.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: