Kenali Manfaat Vitamin B complex Yang Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

Kenali Manfaat Vitamin B complex Yang Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

RADARPENA.CO.ID - Vitamin B kompleks adalah sekelompok vitamin B yang biasanya dikemas dalam satu suplemen. Vitamin ini terdiri atas vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (pyridoxine), vitamin B7 (biotin), vitamin B9 (folat), dan vitamin B12 (cobalamin).

Tiap jenis vitamin ini punya berbagai manfaat untuk tubuh seperti menjaga fungsi otak, meningkatkan metabolisme tubuh, dan menjaga fungsi sistem saraf.

Vitamin B kompleks merupakan kombinasi delapan jenis Vitamin B yang larut dalam air, yang umumnya memiliki peran penting untuk metabolisme tubuh.

Nah, berikut adalah manfaat kesehatan yang dapat kamu peroleh dari vitamin B kompleks

BACA JUGA:

1. Meningkatkan Kadar Testosteron

Vitamin B terkadang disertakan dalam suplemen penguat hormon testosteron karena diyakini dapat meningkatkan kadarnya pada pria.

Sebab, seiring bertambahnya usia, kadar testosteron secara alami akan menurun. Meski begitu, masih perlu penelitian dan data ilmiah lebih banyak terkait klaim manfaat ini.

Namun, terlepas dari kurangnya bukti untuk efek peningkatan testosteron,  vitamin B sangat membantu dalam pengaturan hormon. Artinya, ada kemungkinan vitamin B dapat membantu mengatur hormon pria dan juga hormon wanita.

 

2. Mengurangi Gejala Kecemasan dan Depresi 

Vitamin B kompleks bukanlah obat untuk gangguan kesehatan mental. Namun, manfaat vitamin B kompleks dapat membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Vitamin B yang diberikan bersama obat untuk mengatasi gangguan kesehatan mental juga dapat meningkatkan respons pengobatan antidepresan.

Hal yang tak boleh diabaikan, kekurangan vitamin B seperti B12, B6, dan folat dapat meningkatkan risiko depresi. 

 

3. Menunjang Kesehatan Otak 

Melansir WebMD, manfaat vitamin B kompleks yang sayang dilewatkan lainnya yakni menunjang kesehatan otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: