Inilah Sejumlah Makanan Yang Baik Dikonsumsi Saat Radang Tenggorokan

Inilah Sejumlah Makanan Yang Baik Dikonsumsi Saat Radang Tenggorokan

Sorbet dan es loli berbahan dasar buah dapat kamu konsumsi saat sedang radang tenggorokan. Makanan ini baik untuk penderita radang tenggorokan, karena membantu meredakan nyeri akibat peradangan.

Pilihlah camilan beku yang terbuat dari bahan dasar alami dan segar, seperti buah-buahan. Kamu dapat membuatnya sendiri di rumah agar lebih higienis dan sehat. Ingat, hindari camilan dengan bahan pemanis buatan.

5. Madu

Madu adalah pemanis alami yang dapat membantu melawan infeksi dan mempercepat penyembuhan luka. Madu dapat dicampur dengan minuman teh atau menjadi pemanis di dalam makanan lainnya. Kendati demikian, anak-anak di bawah usia 12 bulan tidak dianjurkan untuk konsumsi madu karena risiko botulisme.

6. Smoothies dan Yoghurt

Smoothies dan yoghurt memiliki tekstur lembut, sehingga menjadi makanan yang baik untuk penderita radang tenggorokan.

Kedua makanan ini dapat membantu menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk penyembuhan, sekaligus mengurangi rasa sakit saat menelan.

BACA JUGA:Kesehatan Mental di Era Digital, Inilah Tantangan Penggunaan Teknologi Berlebihan dan Solusi Menghadapinya

7. Jeli atau Agar-Agar

Tak sedikit orang yang senang camilan jeli atau agar-agar. Makanan ini mudah ditelan serta mengandung gelatin, sumber protein yang baik, sehingga membuat tenggorokan lebih nyaman. Namun berhati-hatilah, pilih jeli dengan kandungan gula yang tidak terlalu banyak agar aman bagi penderita diabetes. 

8. Puding

Puding direkomendasikan sebagai makanan untuk radang tenggorokan karena teksturnya yang lembut tidak akan menyebabkan iritasi lebih lanjut. "Puding adalah pilihan yang layak ketika Anda memiliki radang tenggorokan.

Tetap awasi kandungan gulanya, karena camilan yang memiliki gula tinggi dapat menekan sistem kekebalan agar tidak melawan infeksi atau memperbaiki jaringan yang rusak," kata Dr. Li seperti dikutip dari Women's Health.

9. Sayuran Yang Dimasak Dengan Tepat 

Kandungan nutrisi yang baik pada sayuran seperti wortel, kol, dan kentang dapat membantu mempercepat kesembuhan. Saat Anda mengalami sakit tenggorokan, coba masak sayuran dengan cara direbus atau dibuat menjadi kuah.

Demikianlah, informasi terkait makanan yang baik dikonsumsi untuk radang tenggorokan. Semoga bermanfaat!***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: