Pahami Doa Sayyidul Istighfar Lengkap Dengan Arab dan Latinnya

Pahami Doa Sayyidul Istighfar Lengkap Dengan Arab dan Latinnya

Doa Sayyidul Istighfar - Sebagai umat muslim sebaiknya kita selalu memanjatkan Doa kepada Allah SWT.

Salah satu doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk memohon ampunan dosa yang telah kita lakukan yaitu doa Sayyidul Istighfar.

Dalam hadist riwayat Bukhari dan An Nasai Rasulullah bersabda:

"Barangsiapa mengucapkannya di waktu siang dengan penuh keyakinan lalu meninggal pada hari itu sebelum waktu sore, maka ia termasuk penghuni surga. Barangsiapa membacanya di waktu malam dengan penuh keyakinan lalu meninggal sebelum masuk waktu pagi, maka ia termasuk penghuni surga." (HR. Bukhari dan An-Nasa'i)

BACA JUGA:

Lafaz Arab :

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّى ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ ، خَلَقْتَنِى وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَىَّ وَأَبُوءُ بِذَنْبِى ، اغْفِرْ لِى ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Bacaan Latin :

Allahumma anta rabbi, la ilaha illa anta khalaqtani. Wa ana ‘abduka, wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa‘dika mastatha‘tu. A‘udzu bika min syarri ma shana‘tu. Abu’u laka bini‘matika ‘alayya. Wa abu’u bidzanbi. Faghfirli. Fa innahu la yaghfirudz dzunuba illa anta.

Terjemahan  :

Ya Allah Engkau Tuhanku, tidak ada tuhan selain Engkau, Engkaulah yang menjadikan aku, dan aku adalah hamba-Mu, aku akan selalu menepati janji-Mu sekemampuan-Ku, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang aku perbuat. Aku kembali kepada-Mu dengan nikmat yang telah Engkau berikan. Aku kembali kepada-Mu dengan dosa, maka mapunilah aku, sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.

Keutamaan Doa Sayyidul Istighfar

  • Membantu kita untuk mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, dengan memohon perlindungan Allah SWT dari kejahatan yang telah kita lakukan, sehingga kita diharapkan dapat terhindar dari akibat buruk yang mungkin timbul akibat perbuatan tersebut.
  • Membantu umat muslim untuk selalu bersyukur dan mengakui nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita. Hal ini akan membantu kita untuk lebih menghargai berbagai nikmat yang kita terima dalam kehidupan sehari-hari.
  • Membantu kita untuk menyadari dan mengakui dosa-dosa yang telah kita lakukan. Dengan menyadari dan mengakui dosa kita, kita akan lebih termotivasi untuk bertaubat dan memperbaiki diri.
  • Membantu kita untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita sebagai umat muslim kepada Allah SWT. Kita akan semakin dekat dengan Allah SWT dan semakin tunduk dalam menjalankan perintah-Nya.

Setiap umat manusia tak luput dari kesalahan dan dosa - dosa yang dilakukan. Maka dari itu sebagai umat muslim dianjurkan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT.

Demikianlah bacaan doa Sayyidul Istighfar yang bisa digunakan untuk memohon ampun kepada Allah SWT. Semoga membantu. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: