Mengulas Sejarah Lahirnya Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Mengulas Sejarah Lahirnya Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Awalnya, teks Proklamasi ditulis oleh Soekarno yang didikte oleh Hatta dengan dua coretan dan dua koreksi, yang dilengkapi dengan tanggal dan tulisan ‘wakil-wakil bangsa Indonesia’.

Kemudian teks tersebut diketik secara resmi oleh Sayuti Melik dengan adanya perubahan pada tulisan ‘wakil-wakil bangsa Indonesia’ menjadi ‘atas nama bangsa Indonesia, Soekarno/Hatta’ yang dilengkapi dengan tanda tangan soekarno dan Hatta.

BACA JUGA:

Teks proklamasi kemudian disusun tiga tokoh nasional, yakni Ir Soekarno, Mohammad Hatta dan Ahmad Soerbadjo pada 17 Agustus 1945 pukul 03.00 WIB. Naskah proklamasi dirumuskan di ruang makan Maeda.

Naskah teks proklamasi asli ditulis tangan oleh Ir Soekarno. Naskah sebanyak dua alinea lalu selesai dibuat 2 jam kemudian. Naskah kemudian diserahkan kepada Sayuti Melik untuk diketik ketika teks sudah disetujui. Naskah teks proklamasi kemudian diserahkan kembali kepada Soekarno untuk ditandatangani.

Kemudian tepat pada pukul 10.00 WIB, hari Jumat, 17 Agustus 1945, bertempat di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, naskah teks proklamasi itupun dibacakan oleh Presiden Soekarno didampingi Moh. Hatta. Pembacaan proklamasi kemerdekaan dilakukan dalam suasana khidmat.

Kemudian bendera Merah Putih yang dijahit oleh Ibu Fatmawati dikibarkan oleh seorang prajurit PETA bernama Latief Hendraningrat, serta dibantu oleh Soepardjo dan seorang pemudi yang membawa nampan berisi bendera Merah Putih.

Setelah bendera berkibar, lagu Indonesia Raya pun dinyanyikan. Berita momen pembacaan proklamasi kemerdekaan RI juga disebarkan lewat berbagai media, baik radio, surat kabar, hingga telegram.

sebelum diketik dan dibacakan pada kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945, terdapat perubahan dalam proses pengetikan teks proklamasi oleh Sayuti Melik. Sebagai tokoh golongan muda, Sayuti Melik memberikan beberapa perubahan dalam proses pengetikan, yaitu:

  • Kata 'tempoh' diubah menjadi 'tempo'
  • Kata 'wakil-wakil bangsa Indonesia diubah menjadi 'Atas nama bangsa Indonesia'
  • Rumusan 'Djakarta 17-08-05' menjadi Djakarta hari 17 boelan 8 tahoen '05''

Berikut isi teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibawah ini:

Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l, diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia

Soekarno/Hatta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: