Salah Satu Pinjol Terpercaya, UangMe Legal Ga Kenal Abal - abal

Salah Satu Pinjol Terpercaya, UangMe Legal Ga Kenal Abal - abal

Semua perusahaan pinjol yang sudah berizin resmi dari OJK wajib mengikuti ketentuan AFPI ini.

Ketidakpatuhan punya resiko izin bisa dicabut.

Pembatasan bunga maksimum membuat perusahaan pinjol tidak bisa seenaknya menaikkan suku bunga

  • Data Pribadi Diambil Hanya Tertentu dan Dilindungi Kebijakan Privasi

Pinjaman online resmi punya dua ketentuan soal pengambilan data pribadi, yaitu:

- Data pribadi yang bisa diambil terbatas di Camera, Microphone, Location (CEMILAN), sesuai dengan ketentuan OJK. Pengambilan data diluar itu bisa kena sanksi OJK.

- Pengelolaan data pribadi, termasuk jenis, perlindungan, penyimpanan, disampaikan oleh perusahaan secara transparan di Kebijakan Privasi

Dalam kebijakan privasi, perusahaan menguraikan secara lengkap dan detail soal cara mengelola data pribadi pengguna agar aman dan tidak bocor.

  • Alamat Kantor UangMe Jelas

Perusahaan punya alamat kantor yang jelas. Peminjam bisa datang ke kantor jika dibutuhkan. Alamat tersebut bisa dicek di situs atau di aplikasi.

  • Tersedia Layanan Pelanggan, CS Contact Center

OJK mewajibkan pinjol punya kebijakan soal layanan pelanggan customer service yang profesional. 

Perusahaan wajib punya SOP untuk menangani keluhan konsumen.

Selain layanan pelanggan, pinjaman resmi wajib memiliki kebijakan atau SOP soal bagaimana komplain nasabah ditangani, seperti berapa lama akan diselesaikan dan proses penanganan.

Kebijakan layanan dan SOP tersedia dan bisa dibaca di situs pinjaman online resmi.

Disamping layanan, contact center, pinjaman resmi punya akun sosial media resmi. Bisa dicek di dalam akun sosmed tersebut soal seluk beluk serta kegiatan perusahaan.

  • Penagihan Gagal Bayar UangMe Patuh Kode Etik Asosiasi

Satu hal yang sering jadi kekhawatiran adalah soal penagihan gagal bayar (galbay). Apalagi sejak banyak kejadian penagihan pinjol illegal yang tidak manusiawi.

Pinjaman resmi diperbolehkan melakukan penagihan nasabah yang gagal bayar, tetapi harus tunduk pada kode etik AFPI. Dalam kode etik diatur berbagai hal soal cara melakukan penagihan yang sesuai dengan ketentuan.

Tujuan pengaturan dan kode etik adalah memastikan perlindungan terhadap konsumen bisa berjalan dengan baik. Konsumen tidak disalahgunakan oleh penagihan.

Untuk memastikan kepatuhan atas kode etik,  tenaga penagih pada Fintech Lending yang terdaftar/berizin dari OJK wajib mengikuti sertifikasi tenaga penagih yang dilakukan oleh AFPI.

Dalam hal penagihan harus memanggil peminjam untuk menghadiri pertemuan, maka perusahaan paling kurang wajib memperhatikan bahwa

- Pertemuan dilakukan di kantor Penyelenggara

- Ruang pertemuan dilengkapi dengan CCTV

- Seluruh pembicaraan dalam pertemuan tersebut direkam dan dibuat berita acara yang diketahui oleh pihak - pihak terkait.

  • Pengurus UangMe Professional dan Lolos Fit and Proper Test OJK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: