Kumpulan Pantun Lucu 4 Baris, Serta Macam - Macam Jenis Pantun

Kumpulan Pantun Lucu 4 Baris, Serta Macam - Macam Jenis Pantun

Pantun 4 Baris - Pada jaman dahulu, pantun disusun menggunakan bahasa melayu, sebab masyarakat Melayu kebiasaan menyukai kata - kata kiasan untuk berkomunikasi.

Pantun adalah salah satu jenis puisi lama yang sangat luas dikenal di Nusantara. Kata "Pantun" berasal dari kata patuntun dalam Bahasa Minangkabau yang memiliki arti "penuntun"

Pantun sendiri bertujuan untuk berkomunikasi, menyampaikan saran, larangan, nasihat, kasih sayang, pesan moral dan kritik sosial.

Pantun terdiri atas empat larik (atau empat baris bila dituliskan), tiap larik terdiri atas 8-12 suku kata, bersajak akhir dengan pola a-b-a-b ataupun a-a-a-a (tidak boleh a-a-b-b atau a-b-b-a).

BACA JUGA:

Secara umum struktur pantun berisi 4 baris, baris pertama dan kedua disebut dengan sampiran, sementara baris ketiga dan keempat disebut dengan isi.

Setiap larik pada pantun umumnya terdiri atas empat kata dimana baris pertama dan kedua digunakan sebagai sampiran dan baris ketiga dan  keempat sebagai isi.

Jenis - jenis pantun 

pantun Peribahasa

Pantun ini merupakan jenis pantun yang terdapat kalimat peribahasa yang umumnya memiliki susunan tetap.

Pantun Kiasan

Pantun kiasan merupakan jenis pantun yang memuat sejumlah kalimat kiasan.

Pantun Jenaka

Pantun jenaka digunakan untuk menghibur atau bisa juga digunakan untuk saling menyindir namun dalam suasana hangat dan akrab.

Pantun Nasihat

Pantun nasihat sendiri memiliki isi yang bertujuan untuk menyampaikan pesan moral dan didikan. Pantun nasihat ini biasanya memiliki pesan-pesan bijak yang mengajak untuk berbuat baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: