Keajaiban Dunia Mini: Mengenal 5 Negara Terkecil di Dunia

Keajaiban Dunia Mini: Mengenal 5 Negara Terkecil di Dunia

JAKARTA, RADARPENA -  Dalam kompleksitas dan luasnya jagad raya, ada pula keberadaan negara-negara terkecil di dunia yang memikat dengan pesonanya.

Ukuran bukanlah segalanya, dan artikel ini akan membawa kita berkeliling untuk mengenal lima negara mungil yang memiliki keunikan dan daya tariknya sendiri.

1. Vatikan (Luas: 0.44 km²)

Negara terkecil di dunia, Vatikan, terletak di tengah kota Roma, Italia. Dikenal juga sebagai Kota Vatikan, tempat suci ini adalah pusat spiritual bagi umat Katolik, menjadi kediaman Paus, pemimpin Gereja Katolik Roma.

Populasi Kota Vatikan saat ini adalah 518 berdasarkan proyeksi data PBB terbaru. PBB memperkirakan populasi 1 Juli 2023 sebanyak 518 orang.

Meskipun kecil, Vatikan memiliki sejarah panjang yang kaya dan arsitektur megah seperti Basilika Santo Petrus yang menjadi salah satu keajaiban arsitektur dunia.

BACA JUGA:Negara Dengan Mata Uang Terendah, Rupiah Termasuk?

2. Monaco (Luas: 2.02 km²)

Dikenal sebagai negara dengan kepadatan penduduk tertinggi di dunia, dengan luas wilayah 2.02 km² Monaco menjadi negara terkecil di dunia, Monaco terletak di pantai Mediterania di antara Perancis dan Laut Tengah.

Populasi Monako saat ini adalah 36.287 pada hari Jumat, 28 Juli 2023, berdasarkan perkiraan PBB terbaru.

Selain sebagai destinasi liburan mewah, Monaco juga menawarkan pesona sejarah dan budaya yang kaya, terutama dengan istana kerajaan yang megah dan balai-balai mewah. Monaco menjadi negara terkecil di dunia ke d

3. Nauru (Luas: 21 km²)

Terletak di Samudra Pasifik, Nauru adalah salah satu negara pulau terkecil di dunia. Negara ini terkenal dengan tambang fosfatnya, yang dulunya menjadi sumber pendapatan utama.

Populasi Nauru saat ini adalah 12.787 pada Kamis, 27 Juli 2023, berdasarkan perkiraan PBB terbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: