Apa Itu Rumah Bersubsidi? Apa Syarat memilikinya dan Apa Bedanya dengan Rumah Non Subsidi?

Apa Itu Rumah Bersubsidi? Apa Syarat memilikinya dan Apa Bedanya dengan Rumah Non Subsidi?

jika kamu tertarik untuk mendapatkan rumah bersubsidi, sangat disarankan untuk menghubungi lembaga atau badan terkait di wilayah kamu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program subsidi perumahan yang sedang berjalan dan persyaratan lainnya yang berlaku.

Lalu, Apa Perbedaan Rumah Bersubsidi dan Non Bersubsidi?

Pastinya, rumah bersubsidi memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri, dan pastinya ada perbedaan antara rumah bersubsidi dan yang non bersubsidi. Ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok antara rumah bersubsidi dan rumah non bersubsidi antara lain :

Harga rumah

Perbedaan yang paling signifikan untuk rumah bersubsidi dan non subsidi adalah harganya. Untuk rumah bersubsidi, harganya jauh lebih murah karena mendapat bantuan dana dari pemerintah dan tidak dikenakan PPN.

Suku bunga yang dimiliki pun lebih rendah dengan bunga flat. Berbeda dengan rumah yang bersifat non bersubsidi, harganya bisa jauh lebih mahal dengan suku bunga yang lebih tinggi.

Fasilitas

Rumah non-subsidi memiliki fasilitas yang jauh lebih baik daripada rumah yang bersubsidi. Berbeda dengan rumah subsidi yang hanya dilengkapi dengan kamar tidur, kamar mandi dan ruang tamu, kamu harus mengeluarkan biaya sendiri jika ingin merenovasi rumah bersubsidi.

Ukuran dan Tipe Rumah

Selain harga, perbedaan rumah subsidi dan non subsidi dapat dilihat dari ukuran dan tipe rumah yang ditawarkan. Rumah bersubsidi biasanya memiliki ukuran luas maksimal 36 m2 atau tipe 36. Sedangkan untuk rumah non-subsidi, ukuran luas maksimal bisa melebihi 36 m2.

Lokasi

Untuk lokasi rumah subsidi dan nonsubsidi juga sangat berbeda. Rumah non subsidi biasanya berada di lokasi yang strategis dan dapat ditemui dimanapun. Sedangkan rumah bersubsidi biasanya berada di pinggiran kota dan jauh dari fasilitas umum atau bahkan pusat kota.

Meski begitu, pemerintah dan pihak pengembang sudah mulai membangun rumah bersubsidi yang nantinya akan menjadi bagian dari sebuah kota yang sedang dikembangkan.

Renovasi

Ada peraturan pada rumah bersubsidi dimana kamu tidak diperbolehkan untuk merenovasi rumah bersubsidi sekurang kurangnya sampai 2 tahun setelah kamu menempati rumah itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: