Manfaat Dan Keutamaan Di 2 Ayat Terakhir Dalam Surat Al Baqarah

Manfaat Dan Keutamaan Di 2 Ayat Terakhir Dalam Surat Al Baqarah

JAKARTA, RADARPENA -  Manfaat membaca 2 ayat terakhir Surat Al Baqarah yakni ayat 285 dan 286 seperti disebutkan dalam hadits bahwa orang yang membacanya tiap malam jelang tidur akan dicukupkan atau dijaga dari kejahatan yang dibenci.

Selain itu, rumah yang selalu dibacakan dua ayat tersebut akan dijauhkan dari gangguan setan. Surat Al Baqarah berjumlah 286 ayat termasuk Surat Madaniyah karena diturunkan sewaktu Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah kecuali ayat 281 turun di Mina, Makkah sewaktu Nabi SAW melakukan Haji Wada atau haji perpisahan.

Para ulama mengatakan, barang siapa yang membaca 2 ayat terakhir surat Al-Baqarah di malam hari, maka ia akan mendapat keutamaan luar biasa untuk urusan dunia dan akhiratnya . Dua ayat tersebut juga dapat dijadikan zikir, karena di dalamnya terdapat doa kebaikan.

BACA JUGA: Ini Dia 7 Macam Air Suci Buat Wudhu

Hal tersebut telah diriwayatkan dari Abu Mas’ud Al-Badri RA, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surah Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam Al-Qur'an, surat Al-Baqarah adalah surah ke-2. Surat ini merupakan surah terpanjang yang terdiri dari 286 ayat. Al-Baqarah masuk dalam golongan surat Madaniyah.

Keutamaan Surat Al Baqarah adalah puncaknya Al Quran. Hal ini disebutkan dalam hadits Nabi SAW,

عَنْ مَعْقِلِ بْنِ يَسَارٍ؛ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " الْبَقَرَةُ سَنَام الْقُرْآنِ وَذُرْوَتُهُ، نَزَلَ مَعَ كُلِّ آيَةٍ مِنْهَا ثَمَانُونَ مَلَكًا، وَاسْتُخْرِجَتْ: "اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ" [الْبَقَرَةِ: 255] مِنْ تَحْتِ الْعَرْشِ، فَوُصِلَتْ بِهَا، أَوْ فَوُصِلَتْ بِسُورَةِ الْبَقَرَةِ]

Artinya: Dari Ma'qal ibnu Yasar, bahwa Rasuhallah Saw. pernah bersabda: Surat Al-Baqarah adalah puncak Al-Qur'an, diturunkan bersamaan dengan turunnya delapan puluh malaikat pada tiap-tiap ayatnya. Dikeluarkan dari Arasy firman-Nya, "Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup Kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya)" (Al-Baqarah: 255).

Kemudian disambungkan dengannya. yakni dengan surat Al-Baqarah. (HR. Imam Ahmad). Dalam Surat Al Baqarah, ada 2 ayat terakhir yang memiliki manfaat dan keutamaan besar bagi yang membaca dan menghafalkannya. 

BACA JUGA:Mengulik Fakta Film Barbie 2023

Dua ayat terakhir Al-Baqarah ini termasuk ayat yang dibawa Malaikat Jibril dari gudang 'Arsy bersama tiga kumpulan ayat lainnya. Tiga ayat lainnya yang dibawa Jibril dari 'Arsy adalah 7 Ayat Surah Al-Fatihah; Ayat Kursi; dan Surah Al-Kautsar. 

Melansir melalui berbagai sumber, keutamaan-keutamaan dari 2 ayat terakhir Surah Al-Baqarah yaitu dapat mencukupi seseorang. Para ulama berpendapat makna mencukupi itu sebagai berikut: 

1. Mencukupinya dari Qiyamul Lail. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: